Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Abaikan Hak Transaksi Legal Teheran-Caracas, Hakim Federal AS Intruksikan Penyitaan Kapal Tanker Iran

Abaikan Hak Transaksi Legal Teheran-Caracas, Hakim Federal AS Intruksikan Penyitaan Kapal Tanker Iran

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, setelah pada bulan lalu AS gagal menghalangi pengiriman muatan BBM oleh 5 kapal tanker Iran ke Venezuela, kini Washington memulai usaha baru untuk mencegah transaksi legal antara kedua negara tersebut.

Kantor berita Reuters melaporkan, seorang hakim federal AS, James Boasberg, telah memerintahkan penyitaan kapal tanker Iran. Instruksi ini menyusul tindakan sejumlah hakim federal AS yang menyusun surat gugatan untuk menahan muatan 4 kapal tanker Iran yang tengah menuju Venezuela.

Menurut Reuters, ini adalah langkah terbaru Pemerintahan Donald Trump untuk meningkatkan tekanan atas Teheran dan Caracas, yang dikenal sebagai musuh Washington.

Sanksi-sanksi AS atas Venezuela menyebabkan kelangkaan BBM di negara Latin tersebut. Meski demikian, para pejabat AS dalam pertemuan-pertemuan khusus mengatakan, kegagalan Pemerintah AS dalam menggulingkan Nicolas Maduro telah menjadi salah satu faktor yang mempermalukan Trump.

Dengan menyusun surat gugatan tersebut, para jaksa federal berupaya menghalangi pengiriman terbaru BBM dari Iran ke Venezuela. Saat ini, 4 tanker Iran berbendera Liberia tengah berlayar menuju Amerika Selatan.

Para jaksa federal AS itu menuntut untuk mencegah uang pembayaran dari penjualan muatan itu sampai ke tangan Iran.

Setelah gagal menghalangi pengiriman pertama BBM Iran pada bulan lalu, Kementerian Keuangan AS sekitar 10 hari lalu mencantumkan 5 nakhoda tanker-tanker itu dalam daftar sanksi.

Dalam statemen yang dimuat di situs Kementerian Keuangan AS, 5 orang tersebut dimasukkan dalam daftar sanksi karena “terlibat dengan jalur pelayaran Republik Islam Iran.”

Dari bulan April hingga sekarang, Iran telah mengirim sekitar 1,5 juta barel bensin ke Venezuela. Negara di Amerika Selatan itu sangat membutuhkan BBM akibat didera sanksi-sanksi AS. Pasokan BBM dari Iran bisa sedikit mengurangi antrean panjang warga Venezuela di pom-pom bensin.

Menlu AS, Mike Pompeo melalui akun Twitter-nya mengumumkan, sanksi atas perusahaan pelayaran Iran dan korporasi E-Sail di China telah diberlakukan sejak Rabu 24 Juni.

Tags: