5 Legislator Inggris Bentuk Aliansi Bersejarah Dukung Gaza dan Palestina

Share

POROS PERLAWANAN– Mantan Pemimpin Partai Buruh Inggris dan legislator independen Inggris saat ini, Jeremy Corbyn mengumumkan pembentukan sebuah aliansi di Parlemen Inggris. Aliansi ini terdiri dari 5 legislator independen yang dipilih lantaran mendukung Gaza dan hak-hak bangsa Palestina.

Dilansir al-Alam, aliansi ini beranggotakan Corbyn, Shockat Adam, Ayoub Khan, Adnan Hussain, dan Iqbal Mohamed.

Aliansi ini disebut-sebut sebagai kekuatan tangguh di Parlemen Inggris, sebab setara dengan jumlah legislator Partai Demokrat Liberal dan partai reformis sayap kanan radikal, yang masing-masing memiliki 5 wakil di Parlemen. Aliansi ini juga lebih kuat dari Partai Hijau yang hanya mempunyai 4 wakil di Parlemen.

Aliansi ini merilis statemen terkait keputusan Pemerintah Inggris untuk menangguhkan penjualan sejumlah senjata kepada Israel. Aliansi Independen ini menyatakan, sudah sejak lama Pemerintah Inggris didesak untuk segera menghentikan penjualan senjata ke Tel Aviv sepenuhnya.

“Memalukan bahwa butuh 40 ribu orang Palestina tewas supaya pengakuan ini dibeberkan. Statemen ini (pengakuan Pemerintah Inggris) harus menjadi langkah pertama untuk menghentikan pengiriman muatan senajta ke Israel sepenuhnya,” demikian disebutkan dalam statemen tersebut.

“Kami akan terus melakukan seruan hingga embargo senjata atas Israel diberlakukan, pendudukan Palestina dan pembangunan ilegal permukiman diakhiri, dan Pemerintahan Palestina diakui secara resmi tanpa syarat apa pun. Ini adalah satu-satunya cara menuju perdamaian adil dan langgeng.”

Pemerintah Inggris mengeklaim, salah satu alasan penangguhan penjualan sejumlah senjata kepada Rezim Zionis adalah “kekhawatiran kemanusiaan dan perlakuan buruk terhadap para tahanan Palestina.” Statemen ini baru dirilis London setelah berlangsungnya agresi dan genosida di Gaza selama 11 bulan terakhir.