Apa Kata Netizen Barat Tentang Sayyid Nasrallah?

Share

POROS PERLAWANAN– Menanggapi gugurnya Syahid Sayyid Hasan Nasrallah, para pengguna X, termasuk dari netizen Barat, mengapresiasi peran Sekjen Hizbullah dalam membela kedaulatan Lebanon, memerangi Israel, dan menghadapi para pengacau di Kawasan.

Dilansir Fars, seorang netizen mengunggah sebuah gambar yang mengilustrasikan syahadah Sayyid Nasrallah di jalan Quds. Ia mencuit,”Gambar kayar Kamal Sharf ini meremukkan hati saya. Syahid Sayyid Hasan Nasrallah.”

Vijay Prashad adalah seorang sejarawan, penulis, jurnalis, dan analis politik India, yang mengajar Telaah Internasional di College Trinity selama beberapa tahun. Dalam cuitannya, ia menyatakan Sayyid Nasrallah memimpin Perlawanan yang akan melanjutkan pertumbuhannya, sebab kenangan dan teladannya akan melahirkan generasi baru.

Prashad menyatakan, ia pernah menyaksikan pidato Sekjen Hizbullah di tahun 2013 di Beirut. Ia mendeskripsikan Sayyid Nasrallah sebagai pria kharismatik dan pemikir strategis brilian.

“Kehilangan dia adalah pukulan bagi Lebanon. Namun dia mengajari 2 generasi cara mereka menggantikannya,” kata Prashad.

Aktivis politik dan media asal AS, Jackson Hinkle mengunggah foto Sayyid Nasrallah dan mencuit,”Syahadah Pemimpin Hizbullah telah membuat saya berduka.”

Wartawan Lebanon-AS, Rania Khalek menyinggung peran Sayyid Nasrallah dalam memerangi al-Qaeda di seluruh Kawasan. Ia menyatakan, Sekjen Hizbullah memerangi al-Qaeda di saat AS dan Israel melindungi kelompok teroris tersebut dari musuh-musuh regionalnya.

Ia menunjuk komparasi ngawur Sayyid Nasrallah dengan Osama bin Laden dan mengatakan,”Jika ada orang yang bisa dibandingkan dengan Bin Laden, mereka adalah para pemimpin Israel dan AS yang telah membuat takut bangsa-bangsa di Kawasan.”

Jurnalis independen di bidang geopolitik dan kebijakan luar negeri AS, Ben Norton mencuit,”Pemimpin Hizbullah, yang dibunuh Israel, telah membela kedaulatan Lebanon.”

“Di bawah kepemimpinannya, Hizbullah membantu mengalahkan ISIS dan al-Qaeda, melindungi kaum Kristen, dan memerangi kolonial serta pendudukan oleh Israel.”