[BREAKING NEWS] [VIDEO] Ledakan Besar Guncang Ibukota Lebanon

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, sebuah ledakan besar telah mengguncang ibukota Lebanon, Beirut. Peristiwa ini dilaporkan menelan korban dengan jumlah yang sangat tinggi.

Seperti dilaporkan Lebanon National News Agency (NNA), ledakan besar ini dipicu dari sebuah gudang yang terbakar di Pelabuhan Beirut.

Beberapa ledakan kecil terdengar sebelum ledakan lebih besar terjadi.

Abbas Ibrahim, kepala Keamanan Umum Lebanon, mengatakan bahwa “bahan yang sangat eksplosif” yang telah disita sebelumnya ternyata disimpan di tempat kejadian perkara.

Cuplikan video yang beredar dimedia sosial menangkap momen ledakan besar tersebut, dengan gelombang kejut kolosal terlihat bergerak cepat hingga beberapa ratus meter dan menyelimuti daerah itu dengan asap tebal.

Ledakan tersebut mengakibatkan kerusakan total pada struktur bangunan di tempat kejadian perkara dan di lingkungan sekitarnya.

NNA mengatakan bahwa operasi penyelamatan sedang berlangsung. Ambulans terlihat lalu lalang di tempat kejadian yang berlokasi di pusat kota Beirut.

Saluran televisi LBC Lebanon mengutip Menteri Kesehatan Lebanon Hamad Hasan yang mengatakan bahwa ledakan itu telah menyebabkan “jumlah cedera yang sangat tinggi” dan “kerusakan yang luas.”

Ledakan itu terjadi pada saat Lebanon tengah berada dalam krisis ekonomi dan keuangan terburuk dalam beberapa dekade, dan ditengah meningkatnya ketegangan dengan Israel.