China-Brasil Capai Kesepakatan Perdagangan Tanpa Gunakan Dolar

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, China dan Brasil telah mencapai kesepakatan untuk memperdagangkan mata uang mereka sendiri, membuang Dolar AS sebagai perantara, kata Pemerintah Brasil pada Rabu, serangan terbaru Beijing terhadap mata uang Dolar yang “berkuasa”.

Kesepakatan itu akan memungkinkan China, saingan utama hegemoni ekonomi AS, dan Brasil, negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin, untuk melakukan perdagangan besar-besaran dan transaksi keuangan secara langsung, menukar Yuan dengan Reais dan sebaliknya alih-alih melalui Dolar.

“Harapannya adalah ini akan mengurangi biaya… mempromosikan perdagangan bilateral yang lebih besar, dan memfasilitasi investasi,” kata Badan Promosi Perdagangan dan Investasi Brasil (ApexBrasil) dalam sebuah pernyataan.

China adalah mitra dagang terbesar Brasil, dengan rekor perdagangan bilateral $150,5 miliar tahun lalu.

Kesepakatan itu, yang mengikuti kesepakatan awal pada Januari, diumumkan setelah Forum Bisnis Tingkat Tinggi China-Brasil di Beijing.

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva awalnya dijadwalkan untuk menghadiri Forum tersebut sebagai bagian dari kunjungan pejabat tinggi ke China, tetapi harus menunda perjalanannya tanpa batas waktu setelah dia terserang pneumonia.

Industrial and Commercial Bank of China dan Bank of Communications BBM akan melaksanakan transaksi tersebut, kata para pejabat.

Selain dengan Brasil, China juga memiliki kesepakatan mata uang serupa dengan Rusia, Pakistan, dan beberapa negara lainnya.