Gerombolan Bersenjata Serang Masjid dan Bunuh Belasan Jemaah di Nigeria

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, gerombolan bersenjata menyerang sebuah masjid di Negara Bagian Katsina, barat laut Nigeria yang bergejolak, menewaskan belasan jemaah dan menculik beberapa lainnya.

Penyerang tak dikenal tiba di masjid Maigamji dengan sepeda motor pada Sabtu malam, dan mulai menembak secara sporadis, yang memaksa jemaah melarikan diri, kata seorang penduduk Funtua kepada Reuters melalui telepon.

Sekitar 12 orang, yang sedang menghadiri salat malam, tertembak dan tewas, termasuk imam, kata warga tersebut.

“Mereka kemudian mengumpulkan banyak orang dan membawa mereka ke semak-semak. Saya berdoa agar para bandit membebaskan orang tak bersalah yang mereka culik,” kata warga Funtua lainnya.

Jubir Kepolisian Negara Bagian Katsina, Gambo Isah membenarkan serangan itu, mengatakan bahwa beberapa jemaah berhasil diselamatkan.

Geng-geng bersenjata telah menyebarkan teror di wilayah barat laut yang bergejolak selama bertahun-tahun, melakukan penculikan ratusan anak sekolah dan penduduk desa.

Negara Bagian barat laut Nigeria telah lama dilanda kekerasan, termasuk bentrokan atas tanah antara komunitas yang bersaing, serangan oleh geng kriminal bersenjata berat, dan pembunuhan balasan oleh kelompok main hakim sendiri.

Geng pencuri dan penculik telah lama meneror masyarakat di wilayah tersebut, di mana mereka menyerang sekolah, masjid, dan pasar, selain membunuh dan membakar bangunan setelah menjarahnya.

Lebih dari 30.000 orang telah tewas dalam lebih dari satu dekade terorisme di Nigeria yang dipicu oleh kelompok teroris Takfiri Boko Haram.

Kelompok teror itu juga telah meluas ke negara tetangga Chad, Niger, dan Kamerun dan telah memaksa lebih dari dua juta orang meninggalkan rumah mereka.