Hamas: Opsi Kami adalah Meningkatkan Perlawanan

Share

POROS PERLAWANAN – Ketua Kantor Hubungan Internasional Hamas, Abu Marzouq menyatakan penentangan faksinya terhadap pertemuan Sharm al-Sheikh, seraya menegaskan bahwa meningkatkan perlawanan adalah opsi yang diambil Hamas.

“Opsi kami adalah meningkatkan perlawanan terhadap Rezim Penjajah. Kami menentang pertemuan Sharm al-Sheikh dan semua konferensi lain yang berupaya menenangkan kondisi,” tegas Abu Marzouq, diberitakan al-Alam.

Ia mengatakan bahwa pihak-pihak Eropa dan AS bicara soal kejahatan Rezim Zionis, namun tidak melakukan tekanan apa pun terhadap Israel untuk menghentikan kejahatannya.

Dilaporkan Shehab News, Abu Marzouq menyinggung koordinasi keamanan Otoritas Nasional Palestina (PNA) dengan Rezim Zionis, sembari mengatakan, ”Pihak Palestina harus tahu bahwa kerja sama dan koordinasi dengan bangsa sendiri lebih penting dari kerja sama dengan para penjajah.”

Menurutnya, Rezim Zionis telah memulai konfrontasi baru dengan warga Palestina di Tanah Pendudukan 1948, berupa penghancuran rumah-rumah warga. Tindakan penghancuran rumah ini disebutnya sebagai tanda dimulainya tahap baru di dalam Sabuk Hijau.

Di lain pihak, Sekretaris Komite Eksekutif PLO, Husain al-Sheikh mengumumkan bahwa sebuah delegasi Palestina akan hadir di pertemuan Sharm al-Sheikh yang diadakan pada Minggu 19 Maret. Pertemuan di Mesir ini dihadiri berbagai delegasi regional dan internasional, termasuk Israel, AS, dan Yordania.

Dalam akun Twitter-nya, al-Sheikh mengeklaim bahwa delegasi Palestina pergi ke Mesir untuk membela kebebasan dan kemerdekaan bangsa Palestina.

Menurutnya, tujuan kehadiran ini adalah menuntut penghentian agresi-agresi Israel terhadap bangsa Palestina, serta melawan kebijakan-kebijakan yang menginjak-injak darah serta negeri rakyat Palestina.

Kurang lebih sebulan lalu, sebuah pertemuan segilima berlangsung di Aqaba, Yordania. Pertemuan itu dihadiri delegasi Palestina, Israel, AS, Yordania, dan Mesir.

Kanal televisi KAN melaporkan bahwa pertemuan di Sharm al-Sheikh adalah pertemuan yang mirip dengan pertemuan di Aqaba.