Hubungi Jokowi, Presiden Iran Tegaskan Urgensi Isu Palestina untuk Dunia Islam

Share

POROS PERLAWANAN – Diberitakan al-Alam, Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raeisi pada Kamis sore 6 April menghubungi Presiden Indonesia, Joko Widodo via telepon.

Dalam perbincangan tersebut, Raeisi memaparkan situasi terkini Palestina dan menyebutnya sebagai “jantung berdetak Dunia Islam”.

“Dukungan kepada hak-hak bangsa Palestina dan perlawanan terhadap Rezim Zionis adalah prinsip yang tak bisa diubah dalam kerangka Umat Islam dan persatuan Dunia Islam, guna menghadapi agresi dan kejahatan Rezim Zionis. Ini adalah sebuah urgensi abadi,” tegas Raeisi.

Presiden Iran juga menginginkan diadakannya sebuah pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan pengambilan keputusan bersama untuk membela bangsa tertindas Palestina serta menghadapi kejahatan Rezim Zionis.

“Menurut keyakinan kami, Dunia Islam sebagai sebuah blok berpengaruh dalam perimbangan dunia membutuhkan lebih banyak kekompakan. Oleh karena itu, kami menyambut segala bentuk inisiatif demi mempererat hubungan antara negara-negara Islam,” imbuh Raeisi.

Ia lalu menyinggung hubungan diplomatik Teheran-Jakarta yang sudah berumur 70 tahun, sembari menekankan pentingnya penguatan kerja sama ekonomi dan hubungan dagang antara kedua negara.

Raeisi berharap bahwa di tahun ini kerja sama Iran-Indonesia bisa ditingkatkan secara signifikan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan serta kepentingan kedua bangsa.

Dalam kontak telepon tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat atas tahun baru Persia dan tibanya bulan Ramadan kepada bangsa Iran. Jokowi juga menekankan pentingnya memperdalam hubungan kedua negara demi lebih mengakrabkan kedua bangsa serta mewujudkan kepentingan bersama.

Jokowi juga menyambut hangat usulan Raeisi untuk mengadakan rapat darurat OKI. Ia berharap, penyelenggaraan rapat ini bisa lebih memperkuat hubungan antara negara-negara Islam.