IRGC: 73 Rudal Balistik, Puluhan Drone Kamikaze Hujani Basis Teroris di Irak Utara

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, dalam serangan baru terhadap kelompok teroris anti-Iran yang bersembunyi di wilayah Kurdistan Irak, pasukan darat IRGC pada Rabu meluncurkan setidaknya 73 rudal balistik dan puluhan drone bunuh diri, menurut komandan tinggi korps.

Komandan pasukan darat Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), Brigadir Jenderal Mohammad Pakpour mengomentari operasi militer yang sedang berlangsung di Irak utara, mengatakan bahwa sejauh ini 73 rudal balistik permukaan-ke-permukaan dan puluhan pesawat tak berawak kamikaze telah menghantam pangkalan-pangkalan teroris untuk “menghancurkan total” target yang ditentukan.

Target-target ini tersebar di 42 titik, jelasnya, menambahkan bahwa basis-basis tersebut bisa berjarak 400 km satu sama lain dalam beberapa kasus.

Sejak Sabtu, pasukan darat IRGC telah meluncurkan serangkaian serangan udara terhadap posisi kelompok teroris yang berbasis di Kurdistan Irak, termasuk yang disebut Partai Komala, yang telah memperoleh pijakan kuat di wilayah yang berbatasan dengan Iran.

Mendesak wilayah semi-otonom Kurdistan Irak untuk membongkar pangkalan kelompok teroris yang menabur penghasutan terhadap Republik Islam Iran, Jenderal Pakpour bersumpah bahwa operasi akan berlanjut sampai kelompok yang berbasis di wilayah Irak utara “benar-benar dilucuti”.

Setelah melancarkan serangan pada Sabtu, IRGC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok teroris itu menyelundupkan senjata ke Iran di tengah kerusuhan yang sedang berlangsung atas kematian seorang wanita Iran berusia 22 tahun dalam tahanan polisi.

Ia menekankan bahwa serangan itu dilakukan setelah “kedatangan tim teroris dan sejumlah besar senjata” di timur laut Iran untuk “menciptakan kerusuhan”.

Militer Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa IRGC mengambil tindakan setelah pejabat Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) gagal mengambil tindakan yang tepat dan mengabaikan banyak peringatan terhadap pengerahan dan aktivitas tentara bayaran dan teroris yang memusuhi Republik Islam.

Operasi itu dilakukan setelah tim bersenjata yang terkait dengan kelompok teroris Kurdi masuk secara ilegal ke kota-kota perbatasan Iran dalam beberapa hari terakhir.

Menurut laporan, teroris yang tinggal di Irak utara sebagian besar terlibat dalam kerusuhan dan kekerasan baru-baru ini di Iran.

Para preman dan perusuh ini telah mengeksploitasi protes atas kematian Mahsa Amini, terlibat dalam tindakan vandalisme, pertumpahan darah, dan bahkan penodaan kesucian Islam di beberapa kota Iran.

Teheran dalam banyak kesempatan memperingatkan wilayah Kurdistan Irak bahwa kehadiran dan aktivitas kelompok teroris di dekat perbatasan baratnya tidak akan ditoleransi, mencatat bahwa pasukan militer Iran akan memberikan tanggapan yang menghancurkan jika daerah tersebut menjadi pusat teroris anti-revolusioner.

Kembali pada Mei, IRGC menyerang dan menghancurkan posisi kelompok teroris yang beroperasi di dekat perbatasan barat negara itu di Ibu Kota wilayah Kurdi utara Irak, Erbil.

Juga pada September tahun lalu, IRGC melancarkan serangan di Irak utara, di mana mereka menghancurkan empat pangkalan milik kelompok-kelompok musuh.