Korea Utara Tegaskan Siap Balas Gerakan Provokatif Militer AS dengan ‘Kekuatan Nuklir Luar Biasa’

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melawan gerakan militer provokatif Amerika Serikat dengan “kekuatan nuklir yang paling luar biasa”.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis, Kementerian Luar Negeri Korea Utara juga memperingatkan bahwa perluasan latihan militer gabungan AS dengan musuh bebuyutan Korea Selatan mendorong ketegangan ke “garis merah ekstrem”.

“Situasi militer dan politik di Semenanjung Korea dan di Kawasan telah mencapai garis merah ekstrem karena manuver konfrontasi militer yang sembrono dan tindakan bermusuhan AS dan pasukan bawahannya”, bunyi pernyataan itu, menurut Korean Central News Agency (KCNA).

Pernyataan keras itu muncul sebagai tanggapan atas komentar Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, yang mengatakan pada Selasa di Ibu Kota Korea Selatan, Seoul bahwa Washington akan meningkatkan pengerahan aset militer canggihnya ke Semenanjung Korea. Austin mengatakan bahwa peningkatan kehadiran militer seperti itu akan mencakup pesawat tempur dan kapal induk.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menuduh Washington “bekerja keras untuk ‘menjelekkan’ DPRK, menyebarkan segala macam rumor dengan ‘menggunakan singkatan nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea’”.

Kementerian tersebut juga menyalahkan AS dan sekutunya karena “mengintensifkan serangan skala penuh untuk menekan DPRK dalam semua aspek termasuk ‘hak asasi manusia’, sanksi, dan urusan militer”.

Korea Utara “akan sangat mengontrol tantangan potensial saat ini dan masa depan dengan kekuatan nuklir yang paling luar biasa”, Pyongyang memperingatkan, menekankan bahwa mereka “akan mengambil reaksi terberat untuk setiap upaya militer AS pada prinsip ‘nuklir untuk nuklir dan konfrontasi habis-habisan untuk konfrontasi habis-habisan’”.

Korut juga memperingatkan bahwa latihan militer oleh AS dan sekutu regionalnya akan mengubah Semenanjung Korea menjadi “gudang persenjataan perang yang besar dan zona perang yang lebih kritis”.

Namun, pernyataan Gedung Putih menolak bahwa latihan militer bersama oleh AS dan sekutunya di dan sekitar Semenanjung Korea akan dianggap sebagai provokasi.

“Kami menolak anggapan bahwa latihan bersama kami dengan mitra di kawasan berfungsi sebagai provokasi apa pun. Ini adalah latihan rutin yang sepenuhnya konsisten dengan praktik sebelumnya,” kata pernyataan Gedung Putih.

Hubungan antar-Korea memburuk secara drastis sejak Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mulai menjabat pada Mei tahun lalu dan secara terbuka mengundang AS untuk ikut serta dalam latihan militer bersama, termasuk latihan nuklir bersama, dengan Korea Selatan.

Pada Rabu, AS dan Korea Selatan melakukan latihan udara bersama dengan pembom berat B-1B Amerika dan pesawat tempur siluman F-22, serta jet F-35 dari kedua sisi.

Korea Utara, yang telah mendapat sanksi keras dari Amerika Serikat dan Dewan Keamanan PBB selama bertahun-tahun karena program rudal nuklir dan balistiknya, meluncurkan rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 2022, termasuk rudal balistik antarbenua tercanggih yang pernah ada.

Lebih dari 28.500 tentara Amerika bermarkas di Korea Selatan sebagai warisan Perang Korea 1950-1953, yang berakhir dengan gencatan senjata dan bukan dengan perjanjian damai, yang berarti bahwa kedua tetangga secara teknis masih berperang.

Seoul, yang telah diguncang oleh peningkatan peluncuran uji coba rudal oleh Korea Utara, kini mencoba meningkatkan aliansi militernya dengan AS dan memperdalam kerja sama dengan Jepang.