Menlu Saudi Mulai Berdalih, Sebut ‘Normalisasi dengan Israel untuk Kepentingan Seluruh Kawasan’

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan bahwa normalisasi hubungan dengan Israel adalah untuk kepentingan seluruh Kawasan, sebagai sinyal lain bagi jalan Riyadh menuju normalisasi dengan otoritas Israel.

“Kami telah mengatakan secara konsisten bahwa kami percaya normalisasi dengan Israel adalah sesuatu yang sangat menarik bagi Kawasan ini,” kata Menteri tersebut kepada Bloomberg pada Kamis di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Dia mengatakan bahwa “normalisasi sejati” akan terwujud hanya jika Palestina diberikan “negara” mereka.

“Namun, normalisasi sejati dan stabilitas sejati hanya akan datang dengan memberikan harapan kepada warga Palestina dengan memberikan martabat kepada warga Palestina… dan itu membutuhkan pemberian negara kepada warga Palestina,” katanya.

Menteri itu mengatakan bahwa prioritasnya adalah membawa warga Palestina dan Israel ke meja perundingan.

Arab Saudi mengeklaim pihaknya hanya akan menormalkan hubungan setelah pembentukan negara Palestina merdeka dalam perbatasan tahun 1967. Namun, keuda rezim telah bersahabat selama bertahun-tahun.

Pada 2020, Netanyahu dilaporkan melakukan kunjungan rahasia ke Riyadh, bertemu dengan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman.

Pada tahun yang sama, kedua belah pihak membuka “ruang udara” mereka untuk penerbangan. Penerbangan Israel pertama ke Ibu Kota Saudi terjadi pada Oktober 2021.