Sejumlah Media Endys ‘Upaya di Balik Layar’ Obama Singkirkan Biden dari Pilpres

Share

POROS PERLAWANAN– Sejumlah media AS melaporkan, mantan Presiden AS Barack Obama sedang berusaha meyakinkan Joe Biden untuk mundur dari Pilpres AS 2024.

Diberitakan Fars, kanal berita Fox News mengabarkan bahwa hingga kini, Obama masing bungkam soal laporan media AS tentang berita ini.

Beberapa media AS, termasuk Politico, pada hari Kamis 11 Juli melaporkan, Obama mendukung artikel yang ditulis George Clooney. Aktor Hollywood itu mengkritik Biden dan mendesaknya mundur dari Pilpres.

“Meski Obama tidak dimintai konsultasi oleh Clooney tentang konten artikelnya, atau bahwa dia juga tidak mendorong Clooney untuk menulis artikel tersebut, namun Obama mendukung artikel itu,” tulis Politico.

Kanal MSNBC melangkah lebih jauh dengan memberitakan bahwa Obama memimpin upaya di balik layar di internal Demokrat untuk meyakinkan Biden mundur.

Performa lemah Biden dalam debat pertama Pilpres beberapa pekan lalu menjadikan dirinya sasaran kritik. Muncul berbagai suara, baik terbuka atau diam-diam, yang menginginkan dia diganti dengan kandidat lain sebelum November tiba.

Dalam periode baru, hingga kini belum ada satu pun partai yang berusaha menggantikan kandidatnya dengan orang lain. Alasannya adalah partai-partai tahu bahwa tindakan ini kemungkinan besar akan menyebabkan kekalahan. Dalam Pilpres 2016, opsi penggantian kedua kandidat Demokrat dan Republik sempat mencuat. Namun tak satu pun dari kedua partai yang melakukannya.

Satu-satunya kondisi praktis yang memungkikan Demokrat merekomendasikan kandidat lain adalah jika Biden memutuskan mundur sebelum berlangsungnya sidang forum nasional Demokrat pada Agustus mendatang.

Jika Biden mundur, siapa pun dari Demokrat bisa menempati posisinya. Sebab Demokrat tidak memiliki mekanisme untuk menentukan pengganti kandidat yang mengundurkan diri.