Serangan Rudal-Drone, Cara Hizbullah Bungkam Mulut Besar Menteri Perang Israel

Share

POROS PERLAWANAN– Pada Minggu pagi 13 Oktober lalu, Menteri Perang Israel, Yoav Gallant dalam rapat dengan Kabinet Rezim Zionis mengeklaim, Hizbullah kini hanya menyisakan sepertiga dari rudal dan roket yang dimilikinya sebelum ini.

Dilansir Fars, situs Russia Today dalam laporannya pada Senin malam 14 Oktober menyinggung klaim Gallant tersebut. Menurut Russia Today, Gallant mengumbar klaim itu pada hari ketika Hizbullah melancarkan 38 operasi terhadap Israel. Ini merupakan jumlah operasi terbanyak yang dilancarkan Hizbullah dalam tempo sehari sejak 8 Oktober tahun lalu hingga sekarang.

Russia Today melaporkan, Hizbullah dalam rangkaian operasi pada Minggu lalu itu menggunakan drone-drone kamikaze. Dalam salah satu operasi, Hizbullah bahkan sukses menargetkan barak pelatihan Brigade Golani di kawasan Binyamina di selatan Haifa. Operasi itu menewaskan 4 serdadu dan melukai puluhan lainnya.

Bahkan Hizbullah, imbuh Russia Today, pada Senin malam merilis video dari sebuah pangkalan dronenya. Di akhir video tersebut, Hizbullah menegaskan bahwa kekuatan dan kapasitas militernya dalam kondisi baik-baik saja.

Russia Today menilai, tampaknya video itu direkam baru-baru ini, sebab ada foto Sekjen Hizbullah, Sayyid Hasan Nasrallah di pangkalan tersebut dengan tulisan “syahid teragung kami” di bawahnya.

Media-media Zionis mengakui bahwa lebih dari 110 serdadu Zionis terluka akibat rangkaian serangan Hizbullah pada Minggu llau.

Kanal Ibrani, Kodkod melaporkan bahwa lebih dari 100 serdadu Israel terluka dalam pertempuran hari Minggu melawan Hizbullah di utara Tanah Pendudukan.

Sumber-sumber Ibrani mengumumkan bahwa jumlah serdadu Israel yang terluka dalam operasi ke Benyamina di dekat Haifa mencapai 100 orang.

Menurut laporan Yedioth Ahronoth, penyelidikan awal menunjukkan bahwa sejumlah jet tempur dan helikopter mengejar drone-drone Hizbullah. Namun drone-drone tersebut mendadak hilang dari radar. Setelah itu, drone-drone tersebut meledak di pangkalan Brigade Golan.

Harian ini menyebutkan bahwa drone yang menyasar pangkalan Brigade Golan itu adalah tipe Shahed 107.