Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Bantah Klaim Pompeo, Rusia Sebut Iran Korban Terorisme dan Pionir dalam Operasi Kontra Teroris

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Rusia membantah tuduhan baru Amerika Serikat tentang hubungan antara Iran dan kelompok militan al-Qaeda yang melancarkan serangan 11 September 2001, menggambarkan Republik Islam sebagai “korban terorisme” dan “pelopor” dalam pertarungan kontra-terorisme”.

Berbicara kepada kantor berita IRNA pada hari Sabtu, Jubir Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan bahwa terdapat banyak bukti yang menunjukkan perang serius Iran terhadap kelompok teroris, misalnya operasi mereka di Suriah dan Irak.

Pada Selasa, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo memanfaatkan hari-hari terakhir di kantornya untuk menuduh Iran, tanpa bukti apa pun, sebagai “pangkalan baru” al-Qaeda, dan mengatakan klaim itu adalah bagian dari, apa yang dia sebut, memublikasikan data “Intelijen tidak diklasifikasikan AS”.

Iran adalah “Afghanistan baru”, kata Pompeo pada konferensi pers di Washington. “Tidak seperti di Afghanistan, ketika al-Qaeda bersembunyi di pegunungan, al-Qaeda saat ini beroperasi di bawah cangkang perlindungan rezim Iran.”

Teheran mengatakan tuduhan “tidak berdasar” itu menunjukkan frustrasi Washington dan kegagalan dari apa yang disebut kampanye “Tekanan Maksimum” terhadap Iran.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif menepis tuduhan itu sebagai “kebohongan penghasut”, menunjukkan hubungan erat antara pemerintahan Presiden AS Donald Trump dan Arab Saudi, negara asal sebagian besar teroris 9/11.

“Tidak ada yang tertipu,” tweetnya. “Semua teroris 9/11 berasal dari negara ME (Middle East, Timur Tengah) favorit @SecPompeo; TIDAK ADA dari Iran”.

Di bagian lain dalam sambutannya, Zakharova mengatakan bahwa menurut bukti yang tersedia, “Iran sendiri adalah korban terorisme dan di antara pelopor dalam perang melawan teroris”.

Republik Islam adalah negara yang jujur dalam perang melawan terorisme, katanya, menambahkan bahwa tidak ada informasi tentang kemungkinan hubungan Teheran dengan al-Qaeda.

Pejabat AS diam tentang pertempuran efektif Iran melawan teroris, dan pendekatan mereka menunjukkan kampanye kotor melawan Teheran, Zakharova menekankan.

Klaim Pompeo datang meskipun pihak berwenang Amerika mengakui peran Washington dalam menciptakan kelompok teroris di Kawasan, termasuk al-Qaeda dan Daesh (ISIS).

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *