Ceroboh Sensor Dokumen Pengadilan, Pejabat FBI Bocorkan Nama Petinggi Saudi yang Terlibat Serangan 11 September - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Amerika Arab Saudi

Ceroboh Sensor Dokumen Pengadilan, Pejabat FBI Bocorkan Nama Petinggi Saudi yang Terlibat Serangan 11 September

Ceroboh Sensor Dokumen Pengadilan, Pejabat FBI Bocorkan Nama Petinggi Saudi yang Terlibat Serangan 11 September

POROS PERLAWANAN – Dilansir al-Alam, seorang pejabat FBI secara tidak sengaja memublikasikan nama seorang petinggi Saudi yang dicurigai membantu dua pelaku Serangan 11/9.

Yahoo News dalam reportase khususnya Rabu 13 Mei mengabarkan, FBI menyebut nama Mussaed Ahmed al-Jarrah dalam dokumen yang diserahkan ke pengadilan.

Al-Jarrah adalah pejabat level menengah di Kementerian Luar Negeri Saudi. Dia bekerja di Kedubes Saudi di Washington saat terjadinya Serangan 11/9 yang menewaskan 2.753 orang.

Berdasarkan sejumlah dokumen yang sampai ke tangan Yahoo News, para pejabat AS menduga bahwa al-Jarrah adalah “orang ketiga” yang membantu para teroris al-Qaeda.

Sejak dahulu Saudi selalu menyangkal keterlibatan para pejabatnya dalam Serangan 11/9 ke menara kembar WTC di New York dan gedung Pentagon.

Al-Jarrah disebut-sebut memberi sokongan kepada dua pembajak pesawat yang melakukan serangan teror tersebut.

Menurut Yahoo News, kendati semua hal yang merujuk ke nama al-Jarrah telah dihapus, namun dalam salah satu lembar dokumen nama petinggi Saudi itu terlewat disensor.

Dokumen itu disusun oleh Pembantu Direktur FBI, Jill Sanborn, dan dikirim ke pengadilan pada bulan lalu, namun baru dibuka pekan kemarin.

Bocornya nama al-Jarrah disebut Yahoo News sebagai “perkembangan signifikan” dalam kasus gugatan yang diajukan para keluarga korban Serangan 11/9. Gugatan itu menuding Pemerintah Saudi terlibat dalam serangan teror tersebut.

Dokumen Sanborn menunjukkan bahwa agen-agen FBI telah menemukan keterkaitan antara Kedubes Saudi dengan para pembajak.

Yahoo News mengutip pernyataan seorang pejabat senior AS, bahwa bocornya nama al-Jarrah adalah “sebuah kekeliruan.”

Al-Jarrah merupakan salah satu dari 9 pejabat Saudi yang diyakini para keluarga korban memiliki informasi penting terkait Serangan 11/9.

“Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah AS telah menutup-nutupi peran orang-orang Saudi,” kata Brett Eagleson, Jubir keluarga korban Serangan 11/9.

Pada September tahun lalu, para pengacara keluarga korban disebut-sebut telah mengetahui identitas pejabat Saudi ini. Namun mereka dilarang untuk membeberkan namanya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *