China Peringatkan Inggris Tak ‘Salah Jalan’ dengan Ikut Campur Tangan Urusan Hong Kong - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

China Peringatkan Inggris Tak ‘Salah Jalan’ dengan Ikut Campur Tangan Urusan Hong Kong

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, China menyarankan Inggris agar tidak menginjak “jalan yang salah” sehubungan dengan Hong Kong dan hubungan bilateral, memperingatkan bahwa Beijing akan menanggapi dengan tegas segala tindakan yang dapat menimbulkan gangguan dalam urusan internalnya.

Pada hari Senin, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mendesak London untuk menghindari jalur yang salah tentang hubungannya dengan Beijing.

Dia membuat pernyataan tersebut saat jumpa pers harian, menambahkan bahwa China akan menanggapi dengan tegas tindakan yang mengganggu urusan dalam negeri China di Hong Kong.

“Pernyataan (Inggris) terkait Hong Kong ini menutup mata terhadap fakta dasar bahwa Undang-Undang Keamanan Nasional adalah untuk kesuksesan berkelanjutan (prinsip) ‘One China, Two Systems’,” kata Wang, merujuk pada cara Hong Kong diperintah sejak kembali ke pemerintahan Tiongkok pada tahun 1997.

“Kami sangat mengutuk tindakan ini. Kami mendesak Inggris untuk tidak mengambil langkah yang salah, untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada hubungan China-Inggris,” tambahnya.

Pernyataan tersebut muncul menyusul beberapa laporan bahwa London siap untuk menunda perjanjian ekstradisi yang ditandatangani antara Inggris dan Hong Kong setelah Beijing memperkenalkan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong.

London dan sekutunya: AS, Kanada, dan Australia, mengklaim Undang-Undang itu akan merusak otonomi kota dan prinsip “satu negara, dua sistem”.

China telah berulang kali mengecam mereka karena “campur tangan” mereka dalam urusan domestik Hong Kong.

Beijing mengatakan akan secara tegas tetap maju dengan keputusannya untuk menerapkan Undang-Undang Keamanan Nasional atas wilayah tersebut.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *