Huawei Ungkap Langkah AS Tipu Kanada untuk Kepentingan Perang Dagang Versus China - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

Huawei Ungkap Langkah AS Tipu Kanada untuk Kepentingan Perang Dagang Versus China

Huawei Ungkap Langkah AS Tipu Kanada untuk Kepentingan Perang Dagang Versus China

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, para pengacara CFO Huawei, Meng Wanzhou, mengajukan bukti-bukti baru terkait kasus klien mereka. Bukti-bukti ini menunjukkan, permintaan ekstradisi Wanzhou oleh AS atas tuduhan pelanggaran sanksi Iran adalah sebuah tindak penipuan.

Dikutip Sputnik dari kantor berita Xinhua, tim pengacara Wanzhou menyatakan bahwa klaim-klaim para jaksa AS dalam kasus ini “keliru dan tidak berdasar”.

Dalam pembelaan baru tim pengacara Wanzhou, AS secara sengaja telah menghapus sejumlah bagian dari dokumen terkait kerja sama Skycom di Hong Kong dengan Huawei.

Bagian yang dihapus itu meliputi “kerja sama Skycom di Iran” dan “kepatuhan Huawei terhadap aturan untuk mencegah pelanggaran kontrol ekspor yang dibuat AS”.

Berdasarkan bukti-bukti yang ditunjukkan ke pengadilan Kanada, Huawei sudah sejak lama menjual sahamnya di Skycom dan Wanzhou sudah mengundurkan diri dari manajemen perusahaan tersebut.

Salah satu tuduhan yang dialamatkan kepada Wanzhou adalah dia membohongi Bank HSBC terkait substansi hubungan Huawei dengan Skycom. CFO Huawei ini dituding menggunakan Skycom sebagai kedok untuk melakukan transaksi dengan Iran dan melanggar sanksi-sanksi AS.

Tim pengacara Wanzhou menyatakan, Bank HSBC “hanya perlu tahu bahwa Huawei bekerja sama dengan Skycom di Iran untuk mengevaluasi risikonya”.

Para pengacara ini menyebut Presiden AS, Donald Trump menggunakan Wanzhou sebagai senjata untuk tawar-menawar di tengah perang dagang AS versus China.

Wanzhou yang merupakan putri pendiri Huawei, pada akhir tahun 2018 ditangkap di bandara Vancouver, Kanada, atas permintaan Washington untuk diekstradisi ke AS. Rencananya, dia akan diekstradisi ke AS pada musim gugur tahun ini. Namun akibat munculnya pandemi virus Corona, ekstradisi ditangguhkan hingga tahun depan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *