Loading

Ketik untuk mencari

Palestina

Akibat Agresi dan Blokade Zionis Israel, Kini Gaza Hadapi 3 Tantangan ini Sekaligus

Akibat Agresi dan Blokade Zionis Israel, Kini Gaza Hadapi 3 Tantangan ini Sekaligus

POROS PERLAWANAN – Ketua Kantor Politik Hamas, Ismail Haniyeh mengatakan bahwa kelompoknya tengah merancang program terkait perkembangan terbaru di Jalur Gaza. Ia mengumumkan bahwa saat ini Gaza menghadapi 3 tantangan secara bersamaan.

“Tantangan pertama adalah blokade Gaza dan semua konsekuensinya terhadap warga. Tantangan kedua adalah keberadaan orang-orang yang terjangkit Corona di luar pusat-pusat karantina. Ini membutuhkan fasilitas dan kerja keras untuk mengendalikan penyakit tersebut. Tantangan ketiga adalah menghadapi agresi Rezim Zionis yang terus berulang. Semua tantangan ini berpengaruh pada kondisi kemanusiaan dan kehidupan di Jalur Gaza,” papar Haniyeh, seperti dikutip Fars dari kantor berita Shahab.

Ia menambahkan, dalam situasi ini Hamas telah menghubungi berbagai pihak, terutama Mesir, Qatar, PBB, dan Turki, agar mereka mendampingi warga Gaza dan memperkuat ketabahan mereka untuk menghadapi segala tantangan.

Haniyeh menyebut Israel sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kondisi Gaza saat ini. Ia menegaskan, Rezim Zionis harus segera mengakhiri blokade, menghentikan agresi, dan mengizinkan masuknya perangkat medis untuk menghadapi pandemi Corona.

Di lain pihak, Jihad Islami Palestina merilis statemen dalam rangka peringatan Perang 51 Hari di tahun 2014. Jihad Islami dalam statemennya menegaskan usahanya untuk mengalahkan blokade Gaza.

Kelompok Poros Perlawanan ini memperingatkan, jika Israel menghalang-halangi implementasi syarat-syarat penghentian blokade, maka akan muncul “ledakan” yang akibatnya mesti ditanggung Tel Aviv sepenuhnya.

Dilansir Palestine Today, Jihad Islami menegaskan kelanjutan usahanya untuk memperkuat dan memperlengkapi diri kendati berada di bawah blokade. Kelompok ini menyatakan, pihaknya tidak akan menaruh senjata dan siap sepenuhnya untuk membalas setiap agresi musuh.

Selama dua pekan terakhir, Israel menyerang sejumlah kawasan di Gaza secara acak. Poros Perlawanan membalas dengan mengirimkan balon-balon berapi ke permukiman Zionis, sehingga memicu kebakaran besar di sejumlah titik.

Tags: