IRGC Sita Kapal Tanker Asing Invasif di Selat Hormuz, Insiden Kedua dalam Sepekan

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah menyita sebuah kapal tanker minyak asing yang bersifat invasif di perairan teritorial Iran di Selat Hormuz, insiden kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Kantor berita resmi IRNA melaporkan pada Rabu bahwa sebuah kapal tanker minyak berbendera Panama telah disita oleh unit Angkatan Laut IRGC di perairan strategis dekat kota pelabuhan Bandar Abbas.

Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain mengeklaim dalam sebuah pernyataan bahwa kapal tanker milik Yunani, bernama Niovi, sedang berlayar dari Dubai menuju Fujairah, sebuah pelabuhan dan terminal minyak di Uni Emirat Arab, ketika dihentikan oleh Angkatan Laut IRGC.

“Belasan kapal serang cepat IRGCN (IRGC Navy) mengerumuni kapal di tengah selat pada pukul 6:20 pagi (0220 GMT)”, kata pernyataan itu. “IRGCN kemudian memaksa kapal tanker minyak untuk berbalik arah dan menuju perairan teritorial Iran di lepas pantai Bandar Abbas, Iran”.

Kantor berita Tasnim Iran juga melaporkan penyitaan kapal “pelanggar”, tetapi tidak memberikan perincian tentang alasan di balik penangkapannya.