Pasukan Yaman Kembali Rebut Distrik Utama di Ma’rib

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, setelah 48 jam bentrokan sengit dengan pasukan Koalisi Agresor pimpinan Saudi, tentara Yaman yang didukung oleh suku-suku lokal berhasil menguasai kota al-Jadid, Ibu Kota distrik al-Juba di provinsi strategis Ma’rib.

Dalam pertempuran, puluhan tentara bayaran yang dipimpin Saudi tewas dan ratusan dipaksa untuk menyerah.

Pengamat mengatakan bahwa menguasai kota ini merupakan langkah penting menuju pembebasan Ma’rib, karena al-Juba adalah gerbang selatan Ma’rib. Saat tentara Yaman bergerak maju, para pemimpin pasukan Koalisi Agresor pimpinan Saudi telah diperintahkan untuk pindah ke provinsi timur Seiyun.

Sejak tahun lalu, provinsi Ma’rib yang kaya minyak telah berubah menjadi fokus operasi tentara Yaman sebagai benteng terakhir pasukan Koalisi.

Sejauh ini, pasukan Yaman telah berhasil membebaskan ribuan kilometer persegi dan mengepung kota Ma’rib dari segala penjuru.

Tentara Yaman telah memperketat cengkeraman pada pasukan yang didukung Saudi di Ma’rib dan hanya selangkah lagi untuk mengambil kendali kota.

Pembebasan Ma’rib akan membuka jalan bagi operasi lebih lanjut Angkatan Bersenjata Yaman. Pasukan Yaman mengatakan bahwa mereka akan berjuang sampai pembebasan semua wilayah.