Putin dan Xi Jinping Sepakat Perkuat Kerja Sama Militer Rusia-China

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan kepada timpalannya dari China, Xi Jinping bahwa Moskow ingin meningkatkan kerja sama militernya dengan Beijing sebagai bagian dari upaya bersama untuk melawan intervensi Barat di wilayah tersebut.

“Kami bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara Angkatan Bersenjata Rusia dan China,” kata Putin kepada Xi dalam panggilan video akhir tahun mereka pada Jumat, memuji upaya Moskow dan Beijing untuk melawan “tekanan dan provokasi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Putin mengatakan bahwa hubungan antara kedua negara adalah “yang terbaik dalam sejarah” dan juga mengundang Xi untuk kunjungan kenegaraan ke Moskow pada musim semi.

Sementara itu, Xi Jinping menyatakan kesiapan Beijing untuk meningkatkan kerja sama strategisnya dengan Moskow dengan latar belakang dari apa yang disebutnya sebagai situasi “sulit” di dunia pada umumnya.

China siap untuk memperluas “kemitraan strategis”, kata Xi seperti dikutip dalam pernyataan tersebut.

Duo pemimpin negara yang bertemu pada September di Uzbekistan memulai tahun ini dengan deklarasi bersama kemitraan “tanpa batas” pada pertemuan puncak Februari menjelang Olimpiade Musim Dingin di Beijing, saat keduanya berusaha untuk menantang kekuatan AS dan mendorong dunia multipolar.

Sejak Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada awal Februari, China menuduh AS memprovokasi Rusia dengan memperluas jangkauan aliansi militer Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO).

Pekan lalu, Putin memerintahkan Kepala Industri Pertahanan dan Produsen Senjata negaranya untuk mempercepat produksi mereka guna memastikan bahwa tentara Rusia segera mendapatkan semua senjata, peralatan, dan perangkat keras militer yang diperlukan untuk bertempur di Ukraina.