Loading

Ketik untuk mencari

Amerika Arab Saudi

Anomali AS: Tepis Anggapan Kurangi Dukungannya atas Saudi tapi Mendadak Tarik Perangkat Rudal Patriotnya dari Arab dan Timur Tengah

berbasis-luar-angkasa-as-kembangkan-sistem-rudal-pertahanan.jpg

POROS PERLAWANAN – Kantor Berita Multinasional Bloomberg mengeluarkan laporan, bahwa Amerika Serikat memindahkan dua perangkat sistem anti-rudal Patriot dari Arab Saudi dan dua lainnya di Timur Tengah.

Bloomberg mengutip dari seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya, bahwa AS membuat langkah ini berlatar belakang dalih “berkurangnya ketegangan dengan Iran” awal tahun ini.

Menurut pejabat itu, kemungkinan dua perangkat Patriot AS di Arab Saudi yang selama ini digunakan untuk melindungi ladang minyak negara itu, akan diganti dengan perangkat Patriot milik Saudi sendiri.

Pejabat AS itu menambahkan, bahwa lebih dari selusin perangkat Rudal Patriot dan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) yang berfungsi mencegat rudal balistik di ketinggian masih ada di daerah tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengomentari penarikan sistem anti-rudal negaranya dari Saudi menyatakan, β€œIni bukan pengurangan dukungan AS terhadap Kerajaan, akan tetapi karena adanya kebutuhan untuk memindahkan pasukan ini.”

Sebelumnya, Wall Street Journal mengutip pejabat AS yang mengatakan, bahwa AS akan menarik perangkat rudal Patriotnya dari Arab Saudi.

Reuter juga melaporkan sumber-sumber Amerika yang mengonfirmasikan bahwa Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Putra Mahkota Mohamed bin Salman, sepuluh hari sebelum pengurangan ekstraksi minyak Saudi, dan mengancamnya akan menarik tentara AS dari Arab Saudi, jika mereka tidak mematuhi pengurangan produksi minyak, mengingat berkurangnya permintaan karena wabah virus Corona.

Secara paralel, Presiden AS Donald Trump dan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz membahas revitalisasi ekonomi global via telepon. Keduanya bersepakat mengenai pentingnya menstabilkan pasar energi global.

Hal itu secara resmi dikonfirmasi oleh Gedung Putih, dengan pernyataan bahwa mereka sepakat tentang pentingnya menstabilkan pasar energi global, serta menegaskan kembali kemitraan pertahanan antara Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Tags: