Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Tolak Niat Baik Produsen Masker Domestik AS Sejak Awal Pandemi, Washington Pilih Rampok Muatan Perangkat Medis Negara Lain

Tolak Niat Baik Produsen Masker Domestik AS Sejak Awal Pandemi, Washington Pilih Rampok Muatan Perangkat Medis Negara Lain

POROS PERLAWANAN – Harian AS Washington Post dalam laporannya membahas tawaran sebuah pabrik produsen perangkat medis di Texas kepada Pemerintahan Donald Trump. Tawaran untuk memproduksi masker itu diajukan di awal krisis virus Corona, meski akhirnya ditolak.

Dilansir Fars, Direktur Prestige Ameritech, Michael Bowen, pada 22 Januari lalu, yaitu sehari setelah terungkapnya kasus pertama positif Corona di AS, menghubungi Pemerintah AS. Bowen mengaku bahwa pabriknya mendapat pesanan untuk membuat masker N-95 dari banyak negara, bahkan Hong Kong.

Dalam surelnya kepada para petinggi Kementerian Kesehatan AS, Bowen mengutarakan pendapatnya bahwa berkurangnya produksi masker oleh pabrik-pabrik dalam negeri merupakan ancaman bagi keamanan nasional AS.

Bowen menyatakan, pabriknya sanggup meningkatkan produksi masker medis hingga 1,7 juta buah per pekan.

Menurut laporan Washington Post, beberapa hari setelah menjalin kontak dengan sejumlah pejabat senior Pemerintah AS, termasuk Deputi Menteri Kesehatan, Robert Kadlec, Bowen menyadari bahwa Pemerintahan Trump tidak menunjukkan minat kepada tawarannya.

Meski Direktur Sektor Penjagaan Infrastruktur Kemenkes AS, Laura Wolf dalam surel balasannya kepada Bowen mengabarkan tidak adanya tanggapan dari Pemerintah AS, namun ia masih ngotot mengajukan tawarannya ke Washington.

“Kami adalah perusahaan besar (perangkat medis) domestik terakhir. Telepon-telepon kami sudah mulai berkarat. Kami tidak butuh berbisnis dengan Pemerintah. Saya hanya memberitahu Anda bahwa jika kondisinya memburuk, saya bisa membantu melindungi infrastruktur AS. Pada tahap pertama, saya adalah seorang patriot. Setelah itu baru seorang pebisnis,” tulis Bowen dalam surel keduanya.

Meski demikian, Pemerintah AS tetap menolak tawaran Bowen dan membuang kesempatan untuk memproduksi 7 juta masker domestik per bulan.

Pemerintah Trump bisa disebut tidak becus dalam memanfaatkan peluang-peluang domestik terkait produksi perangkat medis di tengah pandemi Corona. Padahal sebelum ini, Trump kerap berkoar akan memperkuat sektor pekerjaan dan produksi dalam negeri.

Selain itu, kelangkaan masker membuat Washington merampok muatan-muatan perangkat medis dari negara-negara lain.

Tags: