Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

AS Kirim Kapal Induk ke Laut China Selatan, Beijing Perintahkan Tembak Kapal Asing Pengancam Kedaulatan

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, AS telah mengirim kelompok kapal induk ke Laut China Selatan, dalam sebuah langkah yang akan meningkatkan ketegangan setelah China mengizinkan penjaga pantainya untuk menembaki kapal asing yang dianggap mengancam kedaulatannya.

Militer AS mengatakan pada Minggu bahwa kelompok penyerang, yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt, memasuki Laut China Selatan pada hari Sabtu.

“Setelah berlayar melalui perairan ini selama 30 tahun karier saya, sangat menyenangkan berada di Laut Cina Selatan lagi, melakukan operasi rutin, mempromosikan kebebasan laut, dan meyakinkan sekutu dan mitra,” kata Komandan kelompok penyerang, Doug Verissimo.

“Dengan dua pertiga perdagangan dunia yang melalui wilayah yang sangat penting ini, sangat penting bagi kami untuk mempertahankan kehadiran kami dan terus mempromosikan tatanan berbasis aturan yang telah memungkinkan kita semua untuk makmur,” katanya.

China mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut China Selatan, tetapi Washington berpihak pada saingan China, menuduh Beijing berusaha memperluas lingkup pengaruhnya di wilayah tersebut.

Amerika Serikat secara rutin mengirimkan kapal perang dan pesawat tempurnya ke Laut China Selatan untuk menegaskan apa yang disebutnya haknya atas “kebebasan navigasi”.

China terus-menerus memperingatkan Washington agar tidak melakukan aktivitas militer di Laut China Selatan, dengan mengatakan bahwa potensi persinggungan militer Pasukan Udara dan Angkatan Laut kedua negara di kawasan itu dapat dengan mudah memicu kecelakaan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *