Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

Endus Konspirasi Kematian Dubesnya, Beijing Kirim Tim Penyelidik Khusus ke Tel Aviv

POROS PERLAWANAN – Beijing akan mengirim tim khusus untuk menyelidiki kematian Duta Besar China untuk Israel, Du Wei, yang ditemukan tidak bernyawa di apartemennya di Tel Aviv pada hari Minggu, Haaretz melaporkan.

Du Wei, ditemukan tewas di tempat tidur dan tampaknya meninggal dalam tidurnya. Dia meninggalkan seorang istri dan seorang putra. Dia diangkat sebagai utusan China ke Israel pada bulan Februari lalu.

Laporan awal mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan ditemukan di tubuh Wei. Layanan pertolongan pertama yang sempat menangani Wei mengungkapkan bahwa serangan jantung mungkin menjadi penyebab kematian pria berusia 58 tahun tersebut.

Namun, kematian duta besar sebuah negara terkenal seperti China pada saat yang kompleks ini: Di tengah pandemi virus Corona dan terjadi tepat setelah kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Israel, dengan mempertimbangkan sejarah tentang tekanan AS terhadap Israel terkait hubungan dengan China, memancing warga internet untuk berbicara soal teori konspirasi.

Kecurigaan mengemuka karena dua hari sebelum ditemukan meninggal dunia, Wei sempat melontarkan kritik terhadap pernyataan Pompeo selama kunjungannya ke Israel minggu lalu, menyebut bahwa klaim Pompeo tentang China menyembunyikan informasi mengenai virus Corona dari dunia sebagai klaim tanpa dasar dan “tidak masuk akal.”

Sebelumnya, Pompeo juga pernah memperingatkan Israel agar tidak terlalu dekat dengan China, Pompeo menyebut investasi China di Israel dapat menimbulkan risiko keamanan, terutama di bidang infrastruktur. Kecemburuan ini diduga timbul dari hubungan yang memanas antara AS dan China.

AS diduga khawatir dengan peran China yang semakin kuat memegang kendali perdagangan di pelabuhan Haifa milik Israel.

Fakta-fakta ini memancing kecurigaan warga dunia maya, “Ada bau amis di sini”, tulis seorang warganet melalui media sosial Twitter. Beberapa menuduh bahwa kematian Wei adalah tujuan sebenarnya dari kunjungan Pompeo ke Israel.

“Jika Anda ingat kunjungan Pompeo, Anda dapat menghubungkan titik-titik,” atau “Kunjungan Pompeo berhasil. Saya kira.”

Tags:

Fatal error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 20480 bytes) in /www/wwwroot/porosperlawanan.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2135