Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Iran Usulkan Jalur Alternatif Ideal yang Lebih Layak Gantikan Terusan Suez

POROS PERLAWANAN – Dengan adanya perkembangan hubungan dagang antara negara-negara Kawasan, juga India dan Eropa, sudah dua dekade ini Iran, Rusia, dan India tengah bekerja membuat sebuah koridor besar multi fungsi yang disebut International North-South Transport Corridor (INSTC) sepanjang 7.200 km.

Dilansir al-Alam, Dubes Iran untuk Rusia, Kazem Jalali dalam postingan tiga bahasanya menanggapi tertutupnya Terusan Suez dengan menyatakan, INSTC adalah sebuah alternatif bagus untuk jalur perairan strategis, yang selain lebih cepat, juga lebih irit biaya.

Di laman Facebook-nya, Jalali menyebut INSTC sebagai pengganti ideal untuk Terusan Suez, karena bisa mengurangi durasi perjalanan hingga 20 hari dan biaya perjalanan hingga 30 persen.

Dubes Iran menyinggung insiden terbaru di Terusan Suez, yang telah mendatangkan kerugian sebesar 9 miliar dolar per hari ke ekonomi dunia. Menurut Jalali, kejadian ini menunjukkan bahwa penyelesaian infrastruktur INSTC sangat dibutuhkan, sebab urgensinya untuk menggantikan Terusan Suez kian terasa dibanding sebelumnya.

Sputnik melaporkan, proyek INSTC dimulai pada 2002 dengan ditekennya kesepakatan antara Menteri Transportasi Iran, Rusia, dan India. Koridor ini memanjang dari Bombay di barat India hingga Moskow melalui Iran dan Laut Kaspia. Di masa itu, negara-negara seperti Oman, Republik Azerbaijan, Armenistan, Kazakhstan, Tajikistan, Ukraina, Belarusia, dan Suriah bergabung dalam proyek ini.

Proyek ini menjanjikan bahwa ongkos transportasi akan berkurang antara 30 hingga 60 persen. Durasi perjalanan dari barat India hingga timur Rusia juga akan direduksi antara 20 hingga 40 hari.

Ever Given, kapal raksasa sepanjang 400 meter dengan bobot 220.000 ton itu terjebak di dekat ujung selatan kanal pada Selasa 23 Maret lalu. Kapal yang dioperasikan oleh Evergreen Group yang berbasis di Taiwan itu menyebabkan lebih 100 kapal lain terjebak macet dari dua arah yang berlawanan.

Tags:

1 Komentar

  1. Oji Ajee Maret 29, 2021

    I am IRANII ❤💪💪

    Balas

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *