Loading

Ketik untuk mencari

Iran

IRGC Tingkatkan Akurasi dan Mobilitas Roket 122 Milimeternya Jadi Roket Terpandu Berpresisi Tinggi

IRGC Tingkatkan Akurasi dan Mobilitas Roket 122 Milimeternya Jadi Roket Terpandu Berpresisi Tinggi

POROS PERLAWANAN – Dilansir Tasnim, Staf Lembaga Riset dan Jihad Swasembada Angkatan Darat IRGC, Ali Kouhestani menyatakan bahwa roket Arash 122 mm telah diupgrade menjadi roket terpandu.

“Di bidang meriam, kami telah melakukan pekerjaan gabungan dengan Badan Riset Dirgantara untuk meningkatkan akurasi roket-roket 122 mm. Dalam uji coba terbaru yang sukses diadakan akhir-akhir ini, roket Arash 122 mm menjadi roket berpresisi. Kami berencana untuk membuat purwarupa produknya secara terbatas. Jika berhasil, kami akan menyerahkannya kepada Kementerian Pertahanan untuk diproduksi secara massal,” tutur Kouhestani.

“Mulai saat ini, roket Arash 122 mm akan mengenai target dengan akurasi (maksimal) 7 meter. Ini merupakan peningkatan akurasi yang signifikan dibanding sebelumnya,” imbuh Kouhestani.

Menurut laporan Tasnim, Arash 122 mm memiliki jarak jangkau 22 km dengan berat 64 kg. Roket ini dilengkapi hulu ledak 19 kg berdaya eksplosif tinggi dengan daya hancur mencapai 25 meter.

Saat ini, roket Arash digunakan secara massif oleh Angkatan Bersenjata Iran. Sebelum ini, akurasi Arash dalam mengenai target tergolong rendah, sehingga butuh roket dalam jumlah cukup banyak untuk menghancurkan sebuah target. Sebab itu, roket ini dilengkapi dengan launcher level 40.

Namun, seiring meningkatnya akurasi Arash, penghancuran sebuah target hanya memerlukan sedikit roket jenis ini.

Selain lebih irit dan ekonomis, Arash juga bisa digunakan melalui peluncur dengan launcher yang lebih sedikit, sehingga bisa meningkatkan mobilitasnya. Ini adalah faktor yang sangat penting dalam medan pertempuran di masa kini.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *