Koran Terkemuka AS: Kemitraan Strategis Teheran-Beijing Bukti ‘Gagal Total' Kampanye Anti-Iran oleh Washington - POROS PERLAWANAN
Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Koran Terkemuka AS: Kemitraan Strategis Teheran-Beijing Bukti ‘Gagal Total’ Kampanye Anti-Iran oleh Washington

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, sebuah perusahaan surat kabar terkemuka Amerika telah menyoroti pentingnya perjanjian kerja sama strategis 25 tahun yang dinegosiasikan antara Iran dan China, mengatakan kesepakatan itu merupakan “kegagalan besar-besaran” dari kampanye tekanan AS terhadap Republik Islam.

Pemerintahan Presiden AS, Donald Trump mengejar kebijakan sanksi ekonomi dalam upaya membawa Iran ke meja perundingan, tetapi pendekatan semacam itu mendorong Teheran untuk menandatangani perjanjian dengan Beijing dan bukan Washington, kata Chicago Tribune.

“Kemitraan China-Iran yang baru menunjukkan kegagalan besar-besaran kebijakan Pemerintah (AS) soal Iran”, tulis laporan itu.

Harian itu mencatat bahwa perjanjian yang belum difinalisasi akan membentuk “kemitraan ekonomi dan keamanan yang luas” antara Iran dan China.

Kemitraan Strategis dan Komprehensif Tiongkok-Iran diumumkan dalam sebuah pernyataan bersama selama kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Teheran pada tahun 2016.

“Tetapi bagi AS, kemitraan yang berkembang ini merupakan pukulan ganda. Hal ini memberikan Teheran jalan keluar dari kampanye ‘Tekanan Maksimum’ yang seharusnya memaksa Iran kembali ke meja dan mengakhiri program nuklirnya sepenuhnya”, kata Chicago Tribune.

Lebih lanjut ditekankan bahwa AS telah gagal untuk membuat sekutu Eropa menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), dan menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *