Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Lewat Basij Mustazafin, Iran Distribusikan Jutaan Paket Bantuan untuk Kaum Duafa di Tengah Wabah Corona

Basij Mostazafin Membagikan Paket Makanan di Tengah Pandemi

POROS PERLAWANAN – Komandan Basij Mostazafin, Brigadir Jenderal Gholamreza Soleimani mengatakan sebuah program bantuan yang disebut “Momenaneh” sedang berlangsung di negara itu untuk membantu mereka yang membutuhkan hingga usainya pandemi Covid-19, IFP News melaporkan.

Brigadir Jenderal Soleimani mengatakan rencana itu akan berlanjut hingga akhir bulan suci Ramadan, yang hari pertamanya akan dimulai pada hari Sabtu 25 April di Iran.

“Sebanyak 3,5 juta paket makanan dan perlengkapan kebersihan telah disiapkan untuk fase pertama, dan fase kedua akan dilaksanakan pada paruh kedua bulan suci,” lanjutnya.

Dia mengatakan persiapan program bantuan kemanusiaan tersebut telah dimulai sejak pertengahan bulan Syakban, dan akan berlanjut hingga akhir bulan suci Ramadan untuk membantu keluarga yang membutuhkan di tengah merebaknya wabah Corona.

Berbicara pada sebuah pertemuan di Shahr-e Rey di Teheran selatan pada hari Kamis 23 April kemarin, ia mengatakan virus Corona adalah ujian bagi semua negara di dunia untuk menguji solidaritas mereka.

Mengacu pada sikap efisien dan pendirian teguh Republik Islam serta sistem perawatan kesehatan negara itu, Soleimani mencatat tindakan Iran di bidang perawatan medis sangat mengagumkan.

Dia juga mengklaim bahwa Iran melakukan penanganan yang jauh lebih baik daripada negara-negara Barat seperti Jerman dalam hal pemenuhan peralatan kesehatan.

Sekadar informasi, organisasi relawan rakyat dan paramiliter Basij Mustazafin yang dibentuk pada 26 November 1979 atas perintah Imam Khomeini ini, saat ini telah menjadi salah satu dari pilar kekuatan bangsa Iran. Karena Basij selalu terlibat aktif pada masa-masa sulit dan kritis untuk membantu mewujudkan tujuan besar sekaligus menjaga keamanan dan ketenangan masyarakat.

Mengenai nilai-nilai Basij, Imam Khomeini menerangkan, “Rahmat dan karunia Allah Swt atas Basij Mustazafin yang sungguh telah menyokong Revolusi Islam dan terus melanjutkan kerja kerasnya. Segala puji bagi Allah, berkat kerja keras para pemuda yang tangguh dan relawan, mereka telah mendidik jutaan pejuang dan diharapkan dengan partisipasi aktif berbagai lapisan masyarakat dan dengan semangat yang terlihat pada diri pemuda karena berkah Islam, akan terbentuk 20 juta tentara yang akan menjaga Revolusi Islam dan negara tercinta dari kejahatan kubu imperialis dan agresor.”

Sementara itu, Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar, Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyebut Basij lahir dari lubuk hati rakyat dan representasi dari sebuah bangsa. Dengan semangat yang tak kenal lelah, para Basiji terjun ke setiap arena yang dibutuhkan dan menunjukkan kecakapannya dan tidak takut bahaya yang muncul di jalan pengabdian ini.

Relawan Basiji selalu membuktikan keefektifannya di masa sulit yang memerlukan mobilisasi massa dan dukungan rakyat.

Dengan pengalaman sukses di Iran, Basij Mustazafin telah menyita perhatian dari gerakan revolusioner di negara-negara lain terutama Dunia Islam. Hal ini bisa disaksikan dari mobilisasi kekuatan rakyat di Irak untuk menumpas teroris ISIS, gerakan jihad Poros Perlawanan Hizbullah di Lebanon, Jihad Islam di Palestina, dan kubu perlawanan lainnya di Suriah, Yaman, dan tempat lain untuk menghadapi terorisme takfiri dan kekuatan agresor.

Tags: