Loading

Ketik untuk mencari

Palestina

Minat Bela Rezim Melorot Tajam, Warga Zionis Makin Alergi Gabung Tentara Israel

Minat Bela Rezim Melorot Tajam, Warga Zionis Makin Alergi Gabung Tentara Israel

POROS PERLAWANAN – Dilansir Tasnim, data-data terbaru yang dibeberkan media Israel menunjukkan, minat warga Zionis untuk bergabung dengan Angkatan Darat dan Unit Lapis Baja terus menurun.

Berdasarkan jajak pendapat terbaru, 36 persen warga Zionis yang mesti mengabdi di Tentara Israel menyatakan, mereka tidak ingin masuk di Angkatan Darat. Pada tahun 2008 lalu, persentase ini hanya 20 persen saja.

Tercatat, 15 tahun lalu, ada 6 peminat untuk tiap pos di Unit Elit Golan. Namun tahun ini, jumlah peminatnya turun menjadi 3 orang saja.

Sementara untuk tiap dua pos di Unit Lapis Baja Tentara Israel, peminatnya hanya berjumlah satu orang saja.

Di lain pihak, sektor-sektor nonmiliter, seperti Unit Teknologi Informasi, menarik minat hingga 8 orang untuk tiap pos yang masih kosong.

Menurut statistik, 70 persen keluarga Israel lebih memilih agar anak-anak mereka mengabdi di sektor-sektor nonmiliter.

Kanal 11 Israel mengungkap kisah salah satu serdadu Zionis anggota Brigade Givati. Dia terpaksa bekerja di Unit Intelijen atas permintaan atasannya. Setelah beberapa lama, dia bunuh diri lantaran tak kuat dengan tekanan.

Para pengamat menilai, fenomena para serdadu Zionis yang menghindari tugas di Unit Operasi Lapangan meningkat pasca kekalahan Israel di Perang 33 Hari.

Kekalahan-kekalahan beruntun Israel dalam perang-perang selanjutnya juga mendorong serdadu-serdadu Zionis untuk lari dari tugas.

Sejak Perang 33 Hari dan setelahnya, para pemuda Israel kian tidak berminat untuk bergabung dengan Tentara. Padahal sebelum itu, bergabung dengan Tentara Israel memiliki prestise dan gengsi tersendiri.

Ditawannya sejumlah serdadu Zionis dalam agresi terakhir Israel ke Jalur Gaza juga berperan besar dalam fenomena ini. Bagi para pemuda Israel dan keluarga mereka, bergabung dengan Unit Lapangan Tentara akan meningkatkan kemungkinan kematian atau penawanan mereka di tangan para pejuang Palestina.

Tags: