Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Panik Sistem Pertahanannya Dibobol Hacker, Pompeo Tuding Rusia, China hingga Korea Utara

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Departemen Pertahanan dan Departemen Luar Negeri AS dilaporkan telah diretas sebagai bagian dari dugaan serangan spionase.

Menurut laporan New York Times, beberapa agensi lain juga menjadi sasaran sebagai bagian dari serangan terhadap perusahaan IT SolarWinds, sebuah organisasi yang berbasis di Austin, Texas.

“Untuk alasan keamanan operasional, Departemen Pertahanan tidak akan mengomentari langkah-langkah mitigasi khusus atau menjelaskan sistem yang mungkin terkena dampak,” kata Juru Bicara Departemen Pertahanan, Russell Goemaere dalam sebuah pernyataan kepada The Hill. “DoD (Dephan) mengetahui laporan tersebut dan saat ini sedang menilai dampaknya.”

Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo kemudian dengan tanpa dasar menuding Moskow, mengklaim bahwa insiden itu adalah “upaya konsisten Rusia untuk mencoba masuk ke server Amerika, tidak hanya milik lembaga pemerintah tetapi juga milik swasta”.

“Kami melihat (serangan) ini lebih kuat dari (yang pernah dilakukan) Partai Komunis China, dari Korea Utara juga,” kata Pompeo saat wawancara dengan Berita Radio Breitbart. “Ini adalah pertempuran yang terus berlanjut, perjuangan berkelanjutan untuk menjaga keamanan sistem kami, dan saya sangat yakin Pemerintah Amerika Serikat akan menjaga informasi rahasia kami dari tangan para pelaku kejahatan ini.”

Dewan Keamanan Nasional AS (NSC) telah menyebutkan upaya yang sedang dilakukan untuk mengatasi dampak peretasan tersebut.

“Grup Koordinasi Bersatu Cyber (UCG) telah dibentuk untuk memastikan kesatuan upaya berkelanjutan di seluruh instansi Pemerintah Amerika Serikat dalam menanggapi insiden dunia maya yang signifikan,” kata Juru Bicara NSC, John Ullyot dalam sebuah pernyataan. “Proses UCG memfasilitasi koordinasi yang berkelanjutan dan komprehensif untuk upaya seluruh Pemerintah untuk mengidentifikasi, mengurangi, memulihkan, dan menanggapi insiden ini … Para profesional yang sangat terlatih dan berpengalaman di seluruh pemerintahan bekerja dengan tekun dalam masalah ini.”

Departemen Keuangan dan Departemen Perdagangan juga menjadi sasaran, menurut laporan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *