Loading

Ketik untuk mencari

Rusia

Putin: Tatanan Dunia Berubah, Hegemoni Negara Besar Tak Terkecuali AS Sudah Berakhir

Putin: Tatanan Dunia Berubah, Hegemoni Negara Besar Tak Terkecuali AS Sudah Berakhir

POROS PERLAWANAN – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan siapa pun yang melakukan tindakan yang merugikan negaranya. Ia menegaskan, Moskow akan melawan segala aksi yang bertujuan merongrongnya.

“Siapa pun yang ingin menguburkan Rusia sebagai sebuah negara besar, kami akan melangsungkan prosesi pengiringan jenazah baginya,” tandas Putin pada Kamis 22 Oktober, seperti dilansir al-Alam.

Dalam konferensi internasional Valdai, Putin mengatakan bahwa sejak berakhirnya Perang Dunia II, yang dimenangkan Uni Soviet, AS, dan Inggris atas Nazi, dunia dan tatanan global tengah mengalami perubahan. Ia menilai, era hegemoni negara-negara besar dunia telah berakhir. Bahkan negara besar seperti AS pun tidak terkecualikan dari perubahan ini.

“Sejak masa itu dan setelahnya (usai Perang Dunia II), peran Inggris berubah. Uni Soviet pun sudah tidak ada lagi. Sebagian pihak berusaha menghapus Rusia dari kalkulasi,” papar Putin.

“China dan Jerman sekarang tengah menjadi negara besar dari sisi pengaruh politik dan ekonomi. Negara-negara seperti Brasil dan Afrika Selatan juga sedang memperkuat posisi-posisi mereka,” lanjutnya.

Presiden Rusia mengkritik kompetisi persenjataan di dunia. Menurutnya, jika persaingan ini tidak dibatasi, dunia tidak akan memiliki masa depan.

Putin lalu menyinggung ketegangan dan konflik di kawasan Karabakh antara Republik Azerbaijan dan Armenia. Ia berkata, ”Rusia memiliki hubungan dengan kedua negara tersebut. Apa yang tengah terjadi di Karabakh adalah sebuah bencana, dan kami berusaha mengakhirinya.”

Dia lalu bicara soal penyebaran virus Corona dan korban yang berjatuhan akibat virus ini. Menurut Putin, virus ini tidak terbatas dan merupakan ancaman membahayakan bagi dunia dan umat manusia.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *