Loading

Ketik untuk mencari

Rusia

Rusia Rilis Rudal Tercepat di Dunia yang Sanggup Jangkau Titik Mana pun di AS

Rusia Rilis Rudal Tercepat di Dunia yang Sanggup Jangkau Titik Mana pun di AS

POROS PERLAWANAN – Dilansir Fars, para pakar berpendapat bahwa tak satu pun sistem pertahanan di dunia bisa menghancurkan rudal-rudal Rusia yang dilengkapi dengan hulu ledak Avangard.

Sputnik melaporkan, Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis 17 Desember di konferensi pers tahunannya menyatakan, sistem pertahanan rudal AS tidak sanggup menghalangi rudal-rudal baru Rusia, terutama Avangard.

Avangard adalah hulu ledak yang dipasang di rudal-rudal Rusia, yang memiliki kecepatan luar biasa (20 mach) sehingga tak bisa diburu sistem pertahanan mana pun. Para teknisi Rusia bahkan mengklaim, kecepatan Avangard bisa menembus 27 mach.

Biasanya Avangard digunakan pada rudal-rudal balistik berat seperti R-36M2, UR-100UTTKh, dan RS-28 Sarmat. Hulu ledak ini juga lazim dipasang pada rudal UR-100N (RS18).

Setelah menempuh jarak tertentu, hulu ledak ini bisa memisahkan diri dari rudal dan melanjutkan lajunya. Hulu ledak ini juga bisa menempuh ketinggian beberapa kilometer di atas lapisan atmosfer dan mengenai sasarannya tanpa terdeteksi oleh sistem pertahanan. Saat ini, satuan-satuan rudal Rusia telah dipersenjatai dengan Avangard.

Seorang pakar militer Rusia, Viktor Murakhovsky mengatakan kepada Sputnik bahwa tak ada sistem pertahanan yang bisa menghancurkan Avangard lantaran kecepatannya yang luar biasa.

Ia menambahkan, rudal lain yang tak bisa dilacak dan dihancurkan AS adalah rudal balistik antarbenua UR-100N. Rudal ini bisa menempuh jarak berapa pun tanpa dilacak oleh radar-radar pemburu rudal.

Meski demikian, Murakhovsky menegaskan bahwa Rusia membuat sistem-sistem rudal ini untuk mempertahankan diri, bukan untuk menyerang pihak lain.

Putin dalam pidatonya juga mengabarkan, pekerjaan terkait rudal antarbenua Sarmat (yang oleh NATO disebut Satan 2) hampir berakhir. Rudal ini akan menggantikan rudal terberat di dunia, yaitu rudal balistik antarbenua RS20 yang dinamakan Voivoda.

Sarmat disebut-sebut mampu menempuh jarak dari Kutub Utara hingga Kutub Selatan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *