Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Tak Becus Tangani Wabah Covid-19, Trump Mulai Kambing Hitamkan Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia

POROS PERLAWANAN – Seperti biasa, Presiden Amerika Serikat Donald Trump selalu mencari kambing hitam atas setiap ketidakbecusannya dalam menangani setiap krisis yang terjadi di negaranya.

Kali ini, setelah terbukti gagal mengatasi wabah virus Corona yang telah membunuh lebih dari 12 ribu orang di negara tersebut, Trump justru menyalahkan Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Trump menuding WHO sebagai biang keladi menyebarnya virus Corona ke seluruh penjuru dunia dan menganggap organisasi tersebut terlalu berpihak kepada Tiongkok.

“WHO benar-benar gagal,” kata Trump dalam posting Twitter-nya seperti dikutip Reuters, Selasa 7 April kemarin.

“Entah kenapa, (meski) sebagian besar didanai oleh AS, (WHO) sangat Tiongkok-sentris. Kami akan memperhatikan isu ini. Untungnya, sejak awal saya menolak saran mereka membuka perbatasan kami untuk (warga) Tiongkok. Mengapa mereka memberi kami rekomendasi yang salah seperti itu?” lanjut Trump.

Dikabarkan, WHO ternyata tidak mau menanggapi permintaan komentar dari Reuters mengenai pernyataan Trump tersebut.

Pada 31 Januari, WHO menyarankan negara-negara untuk membiarkan perbatasannya tetap terbuka meskipun wabah menyebar. Pada hari yang sama, Pemerintah AS pimpinan Trump mengumumkan pembatasan perjalanan dari Tiongkok.

Meski Trump ogah mengikuti anjuran WHO, namun tetap saja wabah virus Corona meledak di Negeri Paman Sam itu. Kini Amerika bahkan menyandang predikat sebagai negara dengan jumlah kasus terbanyak positif Corona.

Menurut data terbaru Universitas Johns Hopkins, Rabu 8 April, jumlah kasus virus Corona di Amerika Serikat telah menembus angka 396 ribu jiwa dengan 12.722 orang meninggal dunia. Sementara jumlah pasien yang sembuh hanya sekitar 21 ribu saja.

Tags: