Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Takut Layani Tantangan Terbuka Putin, Gedung Putih Berdalih Biden ‘Sangat Sibuk’

Takut Layani Tantangan Terbuka Putin, Gedung Putih Berdalih Biden 'Sangat Sibuk'

POROS PERLAWANAN – Dalam beberapa hari terakhir, ketegangan antara Rusia dan AS terus meningkat, menyusul wawancara kontroversial Joe Biden dan penghinaannya kepada Vladimir Putin.

Dikutip Fars dari Russia Today, Jubir Gedung Putih Jennifer Psaki dalam sebuah jumpa pers menolak undangan Putin kepada Biden untuk melakukan debat secara live. Psaki berdalih bahwa Presiden AS tidak punya waktu karena sangat sibuk dengan urusan-urusan lain.

Kepada para jurnalis, Psaki mengaku dirinya tidak tahu soal pertemuan mendatang Biden, baik daring atau luring, sebab programnya sudah sangat padat.

“Jika ada topik menghibur lain, kami akan berdialog dengan Anda (Presiden Rusia). Saya katakan bahwa Presiden (Biden) sebelum ini telah berbincang dengan Putin. Masih ada banyak pemimpin lain di dunia yang perlu dikontak olehnya (Biden),” ujar Psaki.

“Kami menjalin kontak dengan para pemimpin Rusia dan anggota Pemerintah Rusia di semua level. Namun (saat ini) tak ada yang bisa saya laporkan terkait pertemuan-pertemuan mendatang. Presiden (Biden) akan berada di Georgia dan dia sangat sibuk.”

Dalam wawancara panjang dengan stasiun televisi ABC News pada Selasa 16 Maret lalu, Biden menyebut Putin sebagai “pembunuh”. Ia pun mengklaim bahwa Putin akan menerima ganjaran “lantaran mengintervensi Pilpres AS”.

Menanggapi statemen Biden, Putin mengundangnya untuk berdialog dalam sebuah siaran langsung.

“Saya ingin mengundang Presiden Biden untuk melanjutkan dialog. Namun syaratnya, kami harus melakukannya secara live, tanpa adanya jeda (dalam pembicaraan), langsung, dan terbuka.”

“Menurut saya, (dialog) ini akan sangat menarik bagi warga Rusia, AS, juga warga negara-negara lain,” kata Putin.

Setelah menyampaikan pidato nasional soal vaksin Corona di AS, Biden tidak bersedia menjawab pertanyaan wartawan apakah ia menerima tantangan Putin. Presiden AS meninggalkan podium tanpa menanggapi pertanyaan tersebut.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *