Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

[Video] Gelombang Protes atas Pembunuhan Warga Kulit Hitam AS Kian Menjalar, Minneapolis Ibarat Kota Dilanda Perang

[Video] Gelombang Protes atas Pembunuhan Warga Kulit Hitam AS Kian Menjalar, Minneapolis Ibarat Kota Dilanda Perang

POROS PERLAWANAN – Dilansir Tasnim, aksi protes dan kerusuhan masih terus terjadi di Minneapolis, Ibu Kota Negara Bagian Minnesota. Kerusuhan juga menjalar hingga Los Angeles, Ibu Kota Negara Bagian California.

Kerusuhan ini dipicu oleh tewasnya George Floyd, warga Afro-Amerika di tangan polisi kulit putih AS, Derek Chauvin.

Para pengunjuk rasa membawa papan-papan bertuliskan “nyawa orang kulit hitam juga penting” dan “hentikan pembunuhan orang kulit hitam.”

Sejumlah pos dan kendaraan milik polisi di Minnesota menjadi target serangan pengunjuk rasa.

Serangan pengunjuk rasa ke dua mobil polisi di jalan tol 110, yang merupakan pusat Los Angeles, memicu sejumlah insiden.

Insiden bermula saat sebuah mobil patroli polisi melaju di arah berlawanan jalan tol. Tiba-tiba sejumlah pengunjuk rasa mengepung mobil tersebut setelah melompati pagar pembatas tol. Seorang pengunjuk rasa memecahkan kaca belakang mobil dengan skateboard.

Meski dikepung para pengunjuk rasa, mobil polisi itu memaksa untuk menjauh dari tempat itu. Gerakan tiba-tiba mobil membuat beberapa pengunjuk rasa yang naik ke atasnya terjatuh.

Belum ada kabar pasti soal kondisi orang tersebut dan separah apa luka-luka yang dialaminya.

Kanal lokal NBC 4 California melaporkan, pria itu segera dibawa petugas pemadam kebakaran ke rumah sakit terdekat.

Sejumlah media melaporkan, para pengunjuk rasa di Los Angeles juga membakar bendera AS sebagai ekspresi kemarahan mereka.

Menurut Independent, antara tahun 2015 hingga 2019, tiap tahun sekitar 1000 orang tewas akibat penembakan dan pemukulan oleh polisi AS.

Pada tahun 2015, 995 warga AS dibunuh oleh polisi. Statistik ini menurun pada 2016 menjadi 963 orang, kemudian meningkat lagi menjadi 987 orang pada tahun 2017.

Laporan FBI di tahun 2018 menyebutkan, 998 warga AS tewas di tangan polisi. Sementara pada tahun 2019 jumlahnya mencapai 965 orang.

Tags:

1 Komentar

  1. Abdullah syahab Mei 29, 2020

    AwL kehancuran Amerika !!!

    Balas

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *