Loading

Ketik untuk mencari

Iran

[VIDEO] Speedboat IRGC Cegat dan Kejar Kapal AS yang Berlayar di Teluk Persia

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) telah merilis video interaksi antara speedboat mereka dan dua kapal AS di Teluk Persia.

Dalam video yang difilmkan dari salah satu speedboat, speedboat-speedboat IRGC mengejar kapal-kapal Amerika hingga meninggalkan daerah tersebut.

Jubir Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain, Komandan Timothy Hawkins mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya interaksi yang tidak aman dengan Iran dalam dua hari terakhir, menurut AP.

Untuk waktu yang lama, Iran telah menuntut diakhirinya kehadiran bermusuhan Amerika Serikat di Teluk Persia, di mana Washington telah mengerahkan sejumlah besar aset militer ribuan kilometer jauhnya dari tanahnya.

Iran juga telah meminta tetangga Arab Teluk Persia untuk berdialog tentang bagaimana membangun keamanan di Kawasan tanpa kehadiran militer asing.

Kembali pada bulan Mei, Sekretaris Pers Pentagon John Kirby menuduh Iran melakukan “pelecehan” terhadap Angkatan Laut Amerika di Selat Hormuz, mengklaim bahwa kapal-kapal Iran bermanuver dengan kecepatan tinggi menuju enam kapal Angkatan Laut AS di Selat tersebut.

Sebagai tanggapan, Angkatan Laut IRGC mengatakan bahwa speedboatnya tidak bertindak secara tidak profesional dan ketika mereka melakukan operasi reguler dan konvensional, mereka menemukan tujuh kapal Angkatan Laut Amerika yang melakukan “perilaku provokatif, serampangan, dan tidak profesional seperti menerbangkan helikopter, menembakkan suar, dan menembak tanpa tujuan”.

Tags: