Loading

Ketik untuk mencari

Iran

Zarif Kecam Standar Ganda dan Sikap Diskriminatif Prancis Gembosi Program Rudal Iran

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, menyusul uji coba rudal balistik kapal selam oleh Prancis, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengkritik Paris karena menerapkan kebijakan standar ganda dan bersikap diskriminatif dalam upayanya untuk membatasi program rudal pertahanan Iran.

Menurut informasi yang diterbitkan oleh Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis pada 28 April 2021, Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA) melakukan uji terbang rudal balistik strategis M51, yang dapat membawa enam hingga 10 hulu ledak termonuklir TN 75 yang dapat menyasar setiap target secara independen.

Kementerian menambahkan bahwa uji coba berjalan sesuai dengan jadwal dan dilakukan, seperti biasa, tanpa hulu ledak nuklir.

Perangkat lunak pelacakan penerbangan online juga menunjukkan pesawat Cobra Ball Angkatan Udara AS RC-135S, yang secara khusus dikonfigurasi untuk mengumpulkan data intelijen tentang tes rudal balistik, terbang di dekat tempat muatan senjata yang diperkirakan akan berdampak pada Samudra Atlantik di utara Bermuda.

Dalam sebuah posting di akun Twitter-nya pada Rabu malam, Menteri Luar Negeri Iran bereaksi terhadap berita tersebut dan menulis dengan nada sarkastis, “What’s good for the goose is apparently NOT good for the gander”, dengan tujuan menyindir standar ganda yang diterapkan Prancis dalam menilai program rudal suatu negara.

Mendukung apa yang disuarakan AS dan Israel, Prancis sebelumnya menuduh Iran melakukan kegiatan terkait rudal balistik yang dirancang untuk membawa senjata nuklir dan meminta Teheran segera menghentikan semua langkah tersebut.

Teheran telah berulang kali menolak klaim tak berdasar tersebut, menegaskan bahwa Iran hanya menjalankan haknya sebagai negara berdaulat untuk menjalankan program militer konvensional untuk tujuan pertahanan.

Tags: