Loading

Ketik untuk mencari

Lebanon Palestina

Serangan Hizbullah ke Markas Besar Unit 8200 Israel Tewaskan Puluhan Tentara Zionis

POROS PERLAWANAN – Serangan balasan Hizbullah terhadap dua lokasi militer dan intelijen Israel pada akhir Agustus mengakibatkan puluhan korban, sumber keamanan Eropa mengatakan kepada Al Mayadeen pada 12 September.

“Operasi Hari Keempat Puluh”, sebagaimana dijuluki oleh Perlawanan Lebanon, menargetkan pangkalan Glilot – markas besar Unit 8200 Israel – dan pangkalan udara Ein Shemer.

Operasi tersebut “cukup berhasil … dengan jumlah korban tewas mencapai 22 orang dan 74 anggota terluka,” kata Al Mayadeen mengutip sumber-sumber Eropa.

“Informasi yang kami peroleh dari Palestina Pendudukan dan dari sumber-sumber di luar Palestina telah menguatkan, sejalan dengan, dan mengonfirmasi apa yang dilaporkan Al-Mayadeen,” kata Jubir Hizbullah, Ibrahim al-Moussawi.

Laporan itu bertepatan dengan berita pengunduran diri Komandan Unit 8200, Brigadir Jenderal Yossi Sariel.

“Pada tanggal 7 Oktober pukul 06.29, saya tidak melaksanakan tugas sebagaimana yang saya harapkan dari diri saya sendiri, sebagaimana yang diharapkan oleh para komandan dan bawahan saya, dan sebagaimana yang diharapkan oleh warga negara yang sangat saya cintai,” kata Sariel, seraya menambahkan bahwa ia akan “menyerahkan tongkat estafet kepada shift berikutnya”.

Militer Israel mengumumkan bahwa Sariel akan mengundurkan diri “dalam periode mendatang”.

Pengunduran diri itu terjadi 11 bulan setelah perang genosida Israel di Jalur Gaza. Menurut media berita berbahasa Ibrani Channel 12, Sariel menolak gagasan pengunduran diri pada Juli – bulan sebelum “Operasi Hari Keempat Puluh” Hizbullah – dengan mengatakan bahwa tindakan seperti itu akan dianggap sebagai “kepengecutan”.

Berita bahwa Sariel berencana mengundurkan diri awalnya muncul pada awal September dan muncul ketika beberapa orang lain bersiap mengundurkan diri, termasuk Kepala Unit Intelijen Polisi Israel dan Komandan Pasukan Darat Militer Israel.

Operasi Hizbullah merupakan balasan atas tewasnya Komandan Senior, Fuad Shukr di Beirut. Serangan Israel pada akhir Juli juga menewaskan beberapa warga sipil, termasuk anak-anak.

Operasi tersebut melibatkan penembakan ratusan roket ke lokasi-lokasi di Dataran Tinggi Golan dan Galilea yang diduduki, yang ditujukan untuk mengalihkan perhatian dan mengalahkan sistem Iron Dome. Pada saat yang sama, pesawat tanpa awak diluncurkan ke dua pangkalan tersebut.

Pangkalan Glilot Unit 8200 terletak di pinggiran kota Tel Aviv, sekitar enam mil di utara kota. Sedangkan Pangkalan Ein Shemer berjarak sekitar 40 kilometer dari Tel Aviv.

Israel memberlakukan sensor ketat terkait peristiwa tersebut, yang hingga kini belum dicabut.

“Sejumlah besar pesawat nirawak mengenai sasaran yang dituju, tetapi musuh merahasiakan semua rincian yang relevan… berlalunya siang dan malam akan mengungkap kebenaran tentang apa yang terjadi di sana,” kata Sekjen Hizbullah, Sayyid Hasan Nasrallah pada saat itu.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *