Australia Tolak Gabung Koalisi Maritim Bentukan AS

Share

POROS PERLAWANAN– Harian Guardian dalam laporannya pada Rabu 20 Desember mengabarkan, Australia menolak permintaan AS untuk mengirim kapal perangnya ke kawasan Laut Merah.

“Forum-forum militer dan politik Australia menilai, penolakan resmi negara ini terhadap pemintaan AS sebagai sekutu militer-politiknya merupakan kejadian langka dan mengguncangkan,” tulis Guardian, diberitakan Mehr.

Dalam wawancara dengan seorang pejabat terkemuka Australia, harian Inggris ini menyebut kondisi berat kawasan strategis Laut Merah sebagai penyebab keengganan Australia bergabung dalam koalisi maritim yang digagas AS.

“Pemerintah Australia pimpinan PM Anthony Albanese dituding telah melakukan hal memalukan karena menolak bergabung dengan koalisi maritim pimpinan AS dan tidak mengirim kapal perangnya. Padahal mantan Menhan Australia di Pemerintahan PM Scott Morrison sebelum ini telah mengumumkan perubahan prioritas militer Australia sejak Oktober 2020,” lapor Guardian.

“Tampaknya Pemerintah Australia tidak segera memberikan jawaban langsung terhadap permintaan langsung pengiriman kapal perang yang diajukan Koalisi AS. Sebab sebelumnya sebuah harian Australia pada pekan lalu telah memublikasikan permintaan ini di tajuk utamanya dengan judul ‘Paman Sam Memanggil Kalian.’ Namun siapa pun yang mengikuti sikap Pemerintah Australia dari dekat, akan memahami bahwa perangkat kebijakan luar negeri Australia tidak berminat ikut dalam Koalisi ini.”

Di lain pihak, Albanese menyatakan bahwa keengganan Australia ini tidak akan menyebabkan negaranya terisolasi dari negara-negara lain di dunia.