Balas Pembajakan atas Kapal Tanker Minyaknya, Iran Tahan 2 Kapal Tanker Yunani

Share

POROS PERLAWANAN – Diberitakan al-Alam, Humas Umum Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengumumkan penahanan 2 kapal tanker Yunani pada Jumat 27 Mei kemarin.

Dua kapal Yunani yang ditahan di perairan Teluk Persia itu bernama Prudent Warrior dan Delta Poseidon.

Berdasarkan pengumuman Kemenlu Yunani, salah satu kapal tanker itu mempekerjakan 2 ABK dari Yunani, sementara kapal kedua mempekerjakan 7 ABK asal Yunani.

Setelah kejadian ini, Kemenlu Yunani memperingatkan warganya agar jangan bepergian ke Iran.

Menurut laporan al-Jazeera, salah satu dari 2 kapal tanker itu memuat minyak dari Bashrah, Irak, dan tengah menuju AS.

Disebutkan bahwa masih ada 17 kapal tanker Yunani lain di Teluk Persia. Ada kemungkinan IRGC juga akan menahan kapal-kapal tanker tersebut jika Yunani masih meneruskan sikap bengalnya.

Sumber-sumber di IRGC menyatakan, Yunani harus segera mengambil tindakan untuk mengkompensasi pembajakan kapal tanker pemuat minyak Iran.

Angkatan Laut IRGC menahan 2 kapal tanker Yunani yang melakukan pelanggaran di perairan Teluk Persia, menyusul tindakan Yunani yang menahan kapal tanker Iran secara ilegal beberapa waktu lalu. Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran telah memperingatkan akan memberi pelajaran kepada Yunani, jika negara ini tidak membebaskan kapal pembawa minyak Iran tersebut.

Muatan minyak Iran di kapal itu disita oleh AS. Kemenlu Iran pun memanggil staf Kedubes Swiss (selaku penjaga kepentingan AS di Iran) dan menyatakan protes keras kepada Pemerintah AS.