Gedung Putih Sebut AS dan Sekutunya akan Jatuhkan Lebih Banyak Sanksi atas Rusia

National security advisor Jake Sullivan speaks to reporters in the James S. Brady Press Briefing Room at the White House in Washington on Thursday, Feb. 4, 2021. (Stefani Reynolds/The New York Times)

Share

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Gedung Putih mengatakan bahwa Amerika Serikat dan sekutunya akan menjatuhkan lebih banyak sanksi pada Rusia minggu ini.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pada hari Selasa bahwa Presiden Joe Biden dan sekutu Amerika akan mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia ketika presiden melakukan perjalanan ke Brussels pada hari Kamis.

“Dia akan bergabung dengan mitra kami dalam menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia dan memperketat sanksi yang ada untuk menindak penghindaran dan untuk memastikan penegakan yang kuat,” kata Sullivan kepada wartawan saat konferensi pers.

Sullivan mengatakan bahwa dia tidak akan memberikan rincian mengenai sanksi khusus sebelum pengumuman yang akan dibuat bersama dengan sekutu Amerika.

Tetapi dia mengatakan bahwa sanksi baru akan melibatkan penegakan sanksi saat ini dengan “memastikan bahwa ada upaya bersama untuk menindak penghindaran, penghilangan sanksi, pada setiap upaya oleh negara mana pun untuk membantu Rusia yang pada dasarnya merusak, melemahkan, atau menyiasati sanksi.”

Menurut sebuah laporan, pemerintahan Biden akan memberikan sanksi kepada ratusan anggota parlemen Rusia dalam perpanjangan sanksi saat ini terhadap Kremlin.

Pemerintah AS telah menyiapkan sanksi yang akan diumumkan Kamis oleh Presiden Biden dalam perjalanannya yang akan datang ke Eropa, lapor The Wall Street Journal.