Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

China Diprediksi Mampu Libas AS sebagai ‘Penguasa Ekonomi Global’ pada 2028

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Inggris, memperkirakan bahwa China akan mengambil alih posisi Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2028, setelah berhasil mengungguli saingannya itu selama pandemi global virus Corona.

The Center for Economics and Business Research (CEBR), memuat perkiraan tersebut dalam laporan tahunannya yang diterbitkan pada hari Sabtu, mengatakan bahwa nilai ekonomi China akan melebihi nilai ekonomi AS pada tahun 2028, lima tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya, akibat tingkat pemulihan yang kontras antara kedua negara dari pandemi.

CEBR memuji “manajemen pandemi China yang terampil” dengan karantina awal yang ketat, dan mengatakan dalam klasemen tingkat ekonomi negara tahunan mereka tentang prospek pertumbuhan di 193 negara bahwa China telah bangkit kembali dengan cepat dari efek Covid-19 dan akan tumbuh dua persen pada tahun 2020 sebagai salah satu kekuatan ekonomi global utama.

“Berita besar dalam ramalan ini adalah kecepatan pertumbuhan ekonomi China. Kami berharap ini menjadi ekonomi berpenghasilan tinggi selama periode rencana lima tahun saat ini (2020-25). Dan kami perkirakan [China] akan menyalip AS lima tahun penuh lebih awal dari yang kami perkirakan setahun lalu,” kata Wakil Ketua CEBR, Douglas McWilliams.

“Ekonomi Asia lainnya juga melonjak dalam klasemen. Satu pelajaran bagi pembuat kebijakan Barat, yang telah menunjukkan kinerja yang relatif buruk selama pandemi, adalah bahwa mereka perlu lebih memperhatikan apa yang terjadi di Asia daripada hanya melihat satu sama lain,” tambahnya.

Kelompok konsultan yang berbasis di Inggris itu mengatakan bahwa meski Amerika Serikat kemungkinan akan mengalami strong rebound pasca pandemi pada tahun 2021, pertumbuhannya akan melambat menjadi 1,9% per tahun antara 2022 hingga 2024, dan kemudian menjadi 1,6% setelah itu.

Jepang akan tetap menjadi ekonomi terbesar ketiga di dunia, dalam dolar, hingga awal 2030-an ketika posisinya diramal akan diambil alih oleh India, mendorong Jerman turun dari peringkat keempat menjadi kelima.

Inggris Raya, yang saat ini merupakan kekuatan ekonomi terbesar kelima menurut ukuran CEBR, akan turun ke posisi keenam mulai tahun 2024.

Presiden China, Xi Jinping mengatakan bulan lalu bahwa “sangat mungkin” bagi ekonominya untuk berlipat ganda pada tahun 2035 di bawah Rencana Lima Tahun baru pemerintahnya, yang bertujuan untuk mencapai “sosialisme modern” dalam 15 tahun.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *