Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

China Minta AS Segera Angkat Sanksi Ilegal

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, Beijing telah meminta Amerika Serikat untuk memperbaiki kesalahannya dan mencabut semua sanksi ilegal terhadap China, setelah Washington memberlakukan sanksi terhadap China National Electronics Import & Export Corporation (CEIEC) karena melakukan bisnis dengan pemerintahan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro.

Berbicara pada konferensi pers reguler pada hari Selasa, Jubir Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying menyatakan dukungan negaranya pada upaya Venezuela untuk mempertahankan kedaulatannya dan menegaskan kembali penolakan Beijing atas penyalahgunaan mekanisme sanksi internasional.

Hua juga menekankan bahwa China akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingan perusahaan China.

Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa CEIEC telah memberikan perangkat lunak, pelatihan, dan keahlian teknis kepada entitas yang dikelola negara Venezuela, termasuk penyedia telekomunikasi Perusahaan Telepon Nasional Venezuelan (CANTV).

Sanksi oleh AS menuduh perusahaan China mendukung Pemerintah Maduro dalam “upayanya untuk membatasi layanan internet dan melakukan pengawasan digital serta operasi dunia maya terhadap lawan politik” sejak 2017.

Sanksi tersebut membekukan aset CEIEC di AS dan melarang orang Amerika berurusan dengan perusahaan tersebut.

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Venezuela juga mengecam sanksi AS sebagai “ilegal”, dengan mengatakan bahwa sanksi itu ditujukan untuk “mengisolasi negara dan menimbulkan kesulitan bagi penduduk Venezuela”.

Venezuela berada dalam kekacauan politik sejak tokoh oposisi yang didukung AS, Juan Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai “Presiden Sementara” pada akhir Januari 2019.

Didukung oleh sponsor asingnya, dia mencoba dan gagal membuat Angkatan Bersenjata Venezuela berbalik melawan Pemerintah terpilih Maduro.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump -bersama dengan sejumlah sekutunya di Eropa dan regional- mengakui proklamasi Guaido.

Washington sejak itu meningkatkan tekanan ekonomi di Caracas dan telah berulang kali mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk menggulingkan Pemerintah Maduro.

Tags:

Fatal error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 20480 bytes) in /www/wwwroot/porosperlawanan.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 2135