Loading

Ketik untuk mencari

Amerika Oseania & Asia

Dokter Kawakan China: Koordinasi Amburadul Tanpa Protokol Jelas Gedung Putih, Membuat Amerika Kelimpungan dan Gagal Kendalikan Corona

POROS PERLAWANAN – Salah seorang dokter kawakan dan terkemuka China yang membantu memimpin pertempuran melawan Covid-19 di Wuhan, pusat infeksi Covid-19 di China, menyarankan kepada dokter Amerika tentang perlunya upaya terkoordinasi dari atas ke bawah dalam mengendalikan virus Corona.

“Dokter Amerika harus memiliki pedoman nasional untuk pengobatan Covid-19,” desak Dr. Bin Cao, seorang ahli pernapasan dan Wakil Presiden Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang (CJFH) dalam sebuah konferensi dengan dokter Amerika awal pekan ini, seperti dilansir Xinhua.

Cao adalah salah satu dari gelombang pertama para profesional medis yang dikirim ke Wuhan untuk membantu sistem perawatan kesehatan yang hampir kolaps pada masa awal penyebaran virus. Dia dan timnya menggunakan segudang pengalaman mereka untuk mengatur dan menerapkan sistem darurat yang telah menyelamatkan banyak nyawa.

Cao menyatakan keprihatinan dan memprediksi bahwa Amerika Serikat akan mengalami kesulitan menahan penyebaran wabah jika upaya untuk mengendalikan Covid-19 tidak terkoordinasi.

“Sejauh ini kita telah melihat bahwa banyak lembaga di AS memiliki pedoman mereka sendiri untuk virus Corona,” kata Cao.

Hingga saat ini, Gedung Putih belum mengeluarkan protokol kesehatan masyarakat yang ketat dan harus diikuti oleh setiap rumah sakit di negara-negara bagian untuk menghentikan virus secara nasional, sehingga rumah sakit di AS harus membuat protokol sendiri atau memutuskan mengikuti rekomendasi yang mereka sukai.

Cao berpendapat bahwa kepemimpinan harus datang dari atas sehingga setiap fasilitas medis di seluruh negara bagian mengikuti pedoman yang sama dan menggunakan teknik efektif seperti keberhasilan di China dan Korea Selatan.

Saran dari Dr. Cao memang menggambarkan situasi di AS saat ini, para gubernur negara bagian dan pakar medis pun menuntut Pemerintah Federal AS untuk segera bertindak dengan membuat pedoman komprehensif untuk menangani virus.

“Ini benar-benar menakutkan, Saya telah menangani banyak keadaan darurat sebagai gubernur dan di pemerintah federal … tetapi tidak ada yang mendekati ini dalam hal kebutuhan untuk pemerintah yang pandai, teliti, dan tangguh untuk menanggapi dengan cepat dan cerdas,” kata Gubernur New York, Andrew Cuomo.

Dia menambahkan, “Negara tidak melakukan keadaan darurat kesehatan masyarakat. Jika itu di luar kemampuan negara bagian setempat, maka Pemerintah Federal harus turun tangan. Tidak ada negara yang siap untuk menangani hal ini sendiri.

Tags: