Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

Kata Pejabat China yang Pertama Bawa Corona ke Wuhan itu Tentara Amerika

Zhao Lijian Katakan Amerika Yang Bawa Virus Corona ke china

POROS PERLAWANAN – Kasus wabah virus Corona telah menghantui seluruh warga dunia dan sudah memakan ribuan korban meninggal karenanya. Sampai akhirnya Presiden Amerikan Serikat, Donald Trump melalui akun Twitternya menyebutkan kalau Covid-19 ini merupakan virus China.

Hal ini bertolak belakang dengan pandangan para pejabat China. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China menduga bahwa yang pertama kali membawa virus ini ke Wuhan justru Angkatan Darat Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Zhao Lijian dalam bahasa Inggris dan bahasa China mempertanyakan, “Kapan pasien nol dimulai di AS? Berapa banyak orang yang sudah terinfeksi virus? Apa nama rumah sakit tersebut? Mungkin saja tentara AS yang telah membawa epidemi virus Corona 19 ke Wuhan.”

Baca juga:

Pernyataan ini keluar setelah adanya pernyataan dari Trump. Pemerintah China meminta penjelasan lebih transparan dan menuntut, “Silakan membuka data ke publik. Amerika Serikat telah berhutang penjelasan kepada pihak China.”

Terdapat postingan Zhao yang juga dilengkapi dengan sebuah video mengenai pernyataan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dr. Robert Redfield menyebutkan kalau ada beberapa orang Amerika Serikat yang meninggal diduga karena menderita penyakit influenza. Namun setelah dilakukan pengetesan ternyata beberapa orang yang meninggal tersebut dinyatakan mengidap virus Corona.

Zhao sebelumnya bekerja di Kedutaan Besar Tiongkok di Pakistan. Kemudian dirinya pindah ke Kementerian Luar Negeri pada bulan Februari lalu. Zhao merupakan salah satu pejabat publik yang produktif dalam penggunaan media sosial. Postingannya sering menjadi tren di media sosial Weibo di China. Dirinya dikenal juga blak-blakan dalam berbicara di depan publik.

Baca juga:

Menurutnya, postingan yang menyebutkan kalau Corona merupakan virus China itu salah besar dan tidak pantas dibuka untuk publik.

Geng Shuang memberikan jawaban tegas mengenai pernyataan yang merupakan pendapat resmi Beijing. Mengingat komunitas internasioal termasuk Amerika Serikat memiliki pendapat yang berbeda mengenai asal-usul virus Corona.

Karena menemukan asal-usul dari virus Corona itu merupakan masalah ilmiah, maka pandangan ilmiah yang harus didengarkan.

Ada yang menyebutkan kalau Covid-19 ini berasal dari para atlet militer Amerika ketika tinggal di Wuhan saat pesta Olahraga Dunia Militer tahun lalu.

Tags: