Loading

Ketik untuk mencari

Yaman

Kemenkes Yaman: Jangan Sentuh Masker dari Musuh!

Yaman Tolak Bantuan Masker Dari Saudi

POROS PERLAWANAN – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yaman pada Senin 30 Maret malam mengabarkan, pesawat-pesawat koalisi Saudi menerjunkan kardus-kardus berisi masker dan item-item lain di sejumlah kota dan desa Yaman, terutama di kota al-Hali di provinsi al-Hudaydah dan kota Khamis Bani Saad di provinsi al-Mahwit.

Dikutip dari Fars News, Yusuf al-Hadhiri dalam statemennya menyatakan, ”Angkatan Udara musuh membagikan masker dan barang-barang lain di kota-kota Yaman, padahal belum ada laporan kasus virus Corona di negara ini.”

“Ini sangat aneh, apalagi koalisi Saudi akhir-akhir ini memperbanyak izin kepulangan warga Yaman yang bermukim di luar negeri. Padahal semua negara dunia menutup bandara dan jalur perlintasan mereka. Dengan berbagai bukti ini, koalisi Saudi diduga kuat berupaya menyebarkan virus Corona di Yaman,” imbuh al-Hadhiri.

Stasiun televisi al-Masirah melaporkan, al-Hadhiri meminta dari PBB dan WHO melaksanakan tanggung jawab kemanusiaan mereka. Dia meminta dua organisasi internasional ini menindak upaya Saudi dalam mengekspor virus ke Yaman.

Al-Hadhiri mengimbau warga Yaman agar tetap berada di rumah-rumah mereka. Warga juga diminta agar tidak menyentuh dan mengambil barang-barang yang dijatuhkan pesawat-pesawat koalisi.

Juru bicara Pemerintah Keselamatan Nasional Yaman menyatakan, koalisi teroris Saudi adalah dalang di balik terjadinya krisis kemanusiaan terburuk di Yaman.

“Sebab itu, tindakan koalisi yang membagi-bagikan masker dan item-item lain di Ibu Kota (Sanaa) dan provinsi-provinsi Yaman sangat mencurigakan, karena belum ada laporan kasus Corona di negara kita,” kata Dhaifullah al-Shami kepada kantor berita SABA.

Al-Shami menyebut koalisi Saudi sebagai penyebab kemungkinan penyebaran virus Corona di Yaman.

“Serangan udara koalisi ke gedung karantina di kota al-Thalif di provinsi al-Hudaydah adalah satu contoh dari kejahatan mereka,” tandasnya.

Ia menegaskan, koalisi Saudi berniat menyebarkan wabah Corona di Yaman dengan cara membombardir pusat-pusat medis yang disiapkan untuk mencegah virus menular tersebut.

Tags: