Loading

Ketik untuk mencari

Palestina

Laporan Awal Media, Sinyalir Kebakaran Hebat Kilang Minyak Israel di Haifa ‘Akibat Serangan Siber’

POROS PERLAWANAN – Dilansir Press TV, kobaran api besar melalap fasilitas kilang minyak milik Israel di kota pelabuhan Haifa di wilayah pendudukan. Laporan awal media mengutip kemungkinan serangan siber sebagai penyebab kebakaran.

Media Israel melaporkan insiden tersebut terjadi di salah satu fasilitas di kilang BAZAN di Haifa Jumat malam.

Tim darurat pabrik dengan segera bekerja untuk memadamkan api dan pasukan penyelamat dipanggil ke lokasi untuk mengendalikan api.

Surat kabar harian berbahasa Inggris Israel, Jerusalem Post, mengutip Kementerian Perlindungan Lingkungan, mengklaim bahwa kebakaran di kilang BAZAN akibat dari “pipa yang rusak dalam sistem CCR”, dan sebuah laporan oleh jaringan televisi Channel 12 Israel menyebut rusaknya pengendali katup salah satu pipa instalasi sebagai penyebab kebakaran.

Surat kabar Israel menyebut api telah padam dan pabrik saat ini telah berhenti memasok bahan bakar ke fasilitas minyak di Haifa.

Outlet media, sejauh ini, tidak memberikan rincian tentang tingkat kerusakan dan jumlah korban.

Dalam insiden otentik pekan lalu, Israel melaporkan ledakan rudal di dekat fasilitas nuklir Dimona yang sangat dirahasiakan. Tel Aviv mengklaim bahwa rudal itu mendarat di wilayah pendudukan Israel sebagai akibat dari tembakan anti-pesawat Suriah yang “salah”. Analis, bagaimanapun, meragukan klaim rezim tentang insiden itu dan mengatakan bahwa rudal itu kemungkinan besar memang ditembakkan ke wilayah pendudukan oleh kelompok Poros Perlawanan di wilayah tersebut.

Tel Aviv mengakui bahwa yang disebut perisai rudal Iron Dome gagal mencegat dan menjatuhkan rudal tersebut, yang membuat sirene serangan udara berbunyi dan memicu kepanikan di antara para pemukim Israel.

Iron Dome yang dipublikasikan secara luas, yang dikembangkan bersama oleh perusahaan Amerika Raytheon dan perusahaan Israel Rafael, diklaim mampu mendeteksi, menilai, dan mencegat berbagai target jarak pendek seperti roket, artileri, dan mortir. Namun fakta-fakta belakangan mematahkan klaim-klaim mengenai kemampuan dari sistem pertahanan udara yang dibanggakan Israel tersebut.

Tags: