Loading

Ketik untuk mencari

Oseania & Asia

Manuver ‘Ilegal dan Provokatif’ Pesawat Militer AS di Atas Langit Taiwan ‘Panaskan Hati’ China

POROS PERLAWANAN – Kantor Urusan Hubungan Luar Dewan Negara Taiwan, pada hari Kamis mengecam penerbangan pesawat militer AS di atas langit Taiwan, menyebut langkah tersebut “ilegal” dan “provokatif.” CGTN melaporkan.

Sebuah pesawat angkut militer C-40 berbendera AS, teridentifikasi terbang di atas garis pantai barat Taiwan pada Selasa pagi, media Taiwan melaporkan, mengutip otoritas pertahanan di sana.

Zhu Fenglian, Juru Bicara Kantor Urusan Hubungan Luar Dewan Negara Taiwan, menyatakan ketidakpuasan dan penentangan terhadap langkah AS tersebut, menyebut bahwa tindakan itu merusak kedaulatan dan keamanan China, dan melanggar hukum internasional dan norma-norma dasar hubungan internasional.

Menyebut bahwa Partai Progresif Demokratik (DPP) Taiwan sengaja bersekongkol dengan AS untuk melakukan tindakan ini, Zhu juga mengingatkan bahwa rakyat China tidak akan tinggal diam merespons segala gangguan terhadap kedaulatan negaranya.

“Otoritas Partai Progresif Demokratik (DPP) bersekongkol dengan pasukan asing untuk merusak kedaulatan nasional, keamanan dan perdamaian di seluruh Selat Taiwan,” kata Zhu.

Seraya menambahkan bahwa China Daratan memiliki tekad, kemauan dan kemampuan untuk menjaga kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunan.

Zhu memperingatkan pemerintahan DPP untuk tidak salah menilai situasi dan meremehkan tekad orang China untuk menjaga kedaulatan nasional, dan mendesaknya untuk menghentikan tindakan semacam itu.

Tags: