Loading

Ketik untuk mencari

Amerika

Menlu Venezuela Kecam Langkah Kriminal AS ‘Rampok’ Harta Negaranya di Tengah Kesulitan Ekonomi Akibat Pandemi Corona

POROS PERLAWANAN – Mengikuti instruksi Presiden Donald Trump, Pemerintah AS telah memerintahkan pemindahan dana sejumlah $ 342 juta dari rekening milik bank sentral Venezuela di Citibank yang berpusat di AS, ke rekening yang dikendalikan oleh pemimpin oposisi dan presiden sementara yang diproklamasikan sendiri, Juan Guaido.

Seperti dilaporkan oleh Press TV, aset-aset besar Venezuela yang disita oleh AS disetorkan ke rekening bank Federal Reserve AS di New York atas nama Guaido, pemimpin oposisi yang mendapat dukungan politis dari Washington.

Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza mengecam pemerintahan Trump atas langkahnya “merampok” uang Venezuela dan mengalihkannya ke Guaido, tanpa dasar hukum untuk melakukannya.

Arreaza mengatakan bahwa tindakan AS tersebut keterlaluan dan kriminal, ketika dilakukan pada saat sebagian besar negara di dunia mencari sumber keuangan di tengah kejatuhan ekonomi akibat pandemi virus Corona.

Dilaporkan bahwa AS telah berulang kali menyita aset dan dana milik pemerintah Venezuela dan memberikannya kepada Guaido.

Diplomat top Venezuela mengatakan bahwa kongkalikong antara pemerintahan Trump dan anggota Majelis Nasional yang dipimpin oposisi telah menguras harta Venezuela melalui penyitaan ilegal sebesar jutaan dolar dalam bentuk aset.

Para ahli medis menyesali kejadian ini, mengatakan bahwa sumber daya keuangan harus segera tersedia untuk memerangi wabah Covid-19.

Tags: